Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Salat Tarawih di Masjid, DMI Bangka Belitung Anjurkan Bentuk Tim Relawan Siaga Ramadhan

Salat tarawih di masjid diperbolehkan dengan harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditentukan.

dok/HM Rasyid Ridho
Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Bangka Belitung, HM Rasyid Ridho 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Salat tarawih di masjid diperbolehkan dengan harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditentukan dalam panduan pelaksanaan ibadah ramadhan 1442 H.

Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Bangka Belitung, H M Rasyid Ridho meminta agar pengurus masjid membentuk Tim Relawan Siaga Ramadhan dalam pelaksanaan ibadah di masjid.

"Alhamdulillah, kita semua berdoa agar berjumpa dengan bulan ramadhan tahun 2021. Kami menghimbau tahun ini tetap melaksanakan ibadah terawih di masjid dan mushola yang ada di Provinsi Babel untuk menerapkan protokol kesehatan karena masih pandemi Covid-19," ungkap Rasyid, Selasa (6/4/2021) kepada Bangkapos.com.

Lebih lanjut, ia menjelaskan anjuran kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk membentuk Tim Relawan Siaga Ramadhan yang memiliki beberapa tugas meliputi:

1. Siaga Sanitasi
Menyiapkan hand sanitizer di setiap pintu masuk masjid, membersihkan karpet-karpet masjid, melakukan penyemprotan disinfektan, mengepel lantai dengan bersih minimal dua kali sehari dengan menggunakan hand sanitizer, rajin membersihkan toilet, dan tetap menghimbau menggunakan masker

2. Memantau pelaksanaan protokol kesehatan di masjid, di bulan ramadhan mengatur pelaksanaan ibadaha seperti salat terawih, iktikaf, tadarusan Al-Quran, dan salat idul fitri nantinya.

3. Mengatur proses penerimaan dan penyaluran zakat infaq dan sodaqoh.

"DMI Babel terus menggemakan agar pelaksanan ibadah di masjid tetap menegakan protokol kesehatan. Jika ada masjid atau mushola yang merencanakan iktikaf maka perlu dirancanh agar suasana sehat, bersih, aman dan maslahat," sebut Rasyid.

Ia juga meminta agar para penceramah di masjid dalam materinya agar menyelipkan informasi untuk terus menjaga protokol kesehatan.

"Kita berdoa agar pelaksanaan ibadah ramadhan di tahun ini akan lebih baik dan khusyuk. Kita selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga virus yang diturunkan ini segera di angkat kembali oleh Allah SWT," kata Rasyid.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved