Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Waspada Penawaran Investasi Ilegal Bidang PBK, Bappebti Kemendag Gencar Beri Edukasi ke Mahasiswa

Kepala Bappebti Kemendag, Sidharta Utama, Rektor Universitas Brawijaya Malang Nuhfil Hanani saat mengisi materi kuliah umum di Universitas Brawijaya

Ist/Bappebti
Kepala Bappebti Kemendag, Sidharta Utama, Rektor Universitas Brawijaya Malang Nuhfil Hanani saat mengisi materi kuliah umum di Universitas Brawijaya 

BANGKAPOS.COM -- Kepala Bappebti Kemendag, Sidharta Utama, Rektor Universitas Brawijaya Malang Nuhfil Hanani saat mengisi materi kuliah umum di Universitas Brawijaya, menghimbau agar mahasiswa waspada terhadap penawaran produk dan investasi di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK). 

“Kita harus selalu bersiap dan berbenah diri menjemput masa depan yang dapat berubah cepat. Melalui kuliah umum ini kami mengimbau seluruh mahasiswa untuk selalu berhati hati dan waspada terhadap penawaran produk, investasi, dan kegiatan usaha di bidang PBK. Hal ini karena kami banyak menemui penawaran tersebut dilakukan oleh pihak yang tidak memiliki izin usaha,” ungkap Sidharta Utama dalam rilis, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, perusahaan ilegal tersebut memberikan penawaran melalui situs sosial, media kanal Youtube, pelatihan, seminar, dan edukasi dengan menjanjikan keuntungan yang tinggi. 

Bahkan mereka juga kerap menjanjikan kepada calon korban dengan iming-iming pendapatan tetap (fix income) maupun bagi hasil yang besar.

Sebagai langkah pencegahan, Bappebti telah melakukan pemblokiran domain situs web melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap entitas yang tidak memiliki perizinan dari Bapppebti.

“Pada 2019 Bappebti telah memblokir 448 domain situs web, pada 2020 sebanyak 1.191 domain situs web, dan pada 2021 sampai dengan tanggal 31 Maret 2021 sebanyak 273 domain situs web,” tegas Sidharta. 

Dalam upaya melindungi masyarakat luas, Bappebti juga tergabung di dalam Satuan Tugas Waspada Investasi (SWI) yang beranggotakan 13 kementerian/lembaga, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Perdagangan (Ditjen PDN dan Bappebti), Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian RI, Kejaksaan RI, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Bank Indonesia, dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

Selain itu, dalam kuliah umum ini diberikan edukasi terkait PBK di kampus-kampus yang ada di Indonesia, kali ini Universitas Brawijaya, Malang yang berlangsung hari ini, Selasa (6/4) di Malang, Jawa Timur yang diselenggarakan secara hybrid dan diikuti sebanyak 50 orang peserta. 

Tujuannya, untuk memberikan perlindungan dan edukasi PBK kepada masyarakat, khususnya bagi kalangan mahasiswa. 

Kuliah umum diisi juga oleh Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) Stephanus Paulus Lumintang, dan Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved