Breaking News:

Advertorial

Wisata Religi dan Wisata Sungai Jadi Identitas Utama Desa Rukam

Tradisi Sedekah Ruwah Hingga Wacana Pengembangan Hutan Mangrove dan Areal Pemancingan

Editor: Fery Laskari
Ist
Kawasan Dermaga Pancur desa Rukam Bangka Barat dengan pemandangan Hutan Mangrove 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ada pemandangan yang tidak biasa bila kita berkunjung ke Desa Rukam yang terletak di Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat (Babar). Pintu rumah-rumah warga terbuka lebar, senyum terpancar dari tuan rumah kepada para tamu yang berkunjung, sanak-saudara handai taulan semua berkumpul untuk memperingati sedekah Ruwah.

Tradisi yang sudah turun temurun dilaksanakan bila memasuki pertengahan Bulan Sya'ban ini disikapi penuh rasa syukur oleh seluruh warga, mulai dari menyiapkan hidangan, doa bersama hingga berziarah ke makam keluarga.

Suasana Tradisi Ruwah
Suasana Tradisi Ruwah (Ist)

"Tradisi sedekah Ruwahan ini biasanya dilakukan pertengahan Bulan Sya'ban, masyarakat biasanya melakukan berbagai kegiatan keagamaan sebagai puji syukur atas keberkahan Allah SWT. Tradisi Ruwah sudah ada sejak dulu sebagai bentuk penghormatan kepada arwah keluarga yang sudah meninggal dunia," ujar Iwan Ferdianto Pj Kepala Desa Rukam, Selasa (30/03/2021).

Menurutnya, Pemerintah Desa memang setiap tahunnya menyikapi momen ini sebagai salah satu daya tarik masyarakat diluar Desa untuk berkunjung. Namun di tengah Pandemi yang menyerang hampir di seluruh aspek, membuat perayaan Ruwah kali ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Kontrol terhadap protokol kesehatan kami utamakan demi menjaga kondusifitas di lingkungan masyarakat. Akan tetapi kami juga berusaha agar tidak mengurangi nilai-nilai luhur dari perayaan Ruwah ini," tegasnya.

Suasana Ruwahan di desa Rukam Bangka Barat
Suasana Ruwahan di desa Rukam Bangka Barat (Ist)

Selain daya tarik Tradisi Ruwahan, di Desa Rukam juga terdapat kawasan hutan Mangrove yang masih tergolong perawan, terletak di sebelah dalam Desa menuju ke Dermaga perahu nelayan, pandangan kita akan tersipu oleh hijau dan lebatnya pohon-pohon Mangrove yang mengitari kawasan sungai. Selain upaya dalam membangkitkan gairah wisata Mangrove, pemerintah Desa juga menginginkan agar adanya tambahan atau opsi lain yaitu areal khusus pemancingan.

"Kami punya keinginan wisata Mangrove dan areal pemancingan itu nantinya menjadi andalan disini, pelan tapi pasti, InsyaAllah kami akan coba merealisasikannya," kata Iwan.

Hutan Mangrove Desa Rukam Bangka Barat
Hutan Mangrove Desa Rukam Bangka Barat (Ist)

Namun untuk membangun konsep wisata Mangrove terpadu dengan areal pemancingan, dikatakan oleh Pj kepala Desa bukan tanpa hambatan. Iwan mengatakan sebagian area berbenturan dengan hutan lindung (HL) dan hutan produksi (HP).

"Akses jalan masuk ke Dermaga Pancur ini masih berupa tanah puru dan kalau cuaca hujan pasti susah dilintasi. Kalaupun mau di aspal, kami masih harus berkonsultasi dulu soal status wilayah yang berbenturan itu (HL dan HP). InsyaAllah dengan niat dan semangat Desa Membangun, pasti ada jalan terbaik untuk kesejahteraan masyarakat desa," katanya. 

Disiplin dan Peduli Bangun Kesadaran Mencintai Desa

"Untuk membangun peradaban yang baik dan mencapai tingkatan SDM yang kuat, hebat, dan berprogres dibutuhkan kesadaran, mencintai serta kedisiplinan dalam upaya membangun Desa. Mari bersama satukan tekad, semangat dan kecintaan kita untuk desa Rukam yang berkembang dan memiliki daya saing," kata Iwan.(Advertorial/*).

Pj Kepala Desa Rukam Bangka Barat, Iwan Ferdianto
Pj Kepala Desa Rukam Bangka Barat, Iwan Ferdianto (Ist)

"Pemerintah desa sebagai pusat pemerintahan yang ada di desa menaruh harapan kepada seluruh lapisan masyarakat agar bergotong royong dalam laju perkembangan serta pembangunan di segala aspek desa,"Siti Hawa (Sekretaris Desa)

Sekretaris Desa Rukam Bangka Barat, Siti Hawa
Sekretaris Desa Rukam Bangka Barat, Siti Hawa (Ist)

" Mari bersama budayakan dan lestarikan nilai-nilai luhur serta adat istiadat yang ada di desa sebagai simbol dari desa Rukam
,"Pakar (Kepala Dusun)

Kepala Dusun Rukam Bangka Barat, Pakar
Kepala Dusun Rukam Bangka Barat, Pakar (Ist)

Struktur Organisasi Pemerintah Desa Rukam :

Pj Kepala Desa : Iwan Ferdianto
Sekretaris Desa : Siti Hawa
KASI Pemerintahan : Robain
KASI Kesejahteraan : Rudi
KASI Pelayanan Umum : Astriana
Staf Pelayanan Umum : Harianto
KAUR Umum : Tri Utami
Staf KAUR Umum : Lina Citria
Staf Administrasi BPD : Joko Suprianto
KAUR Perencanaan : Sartika
KAUR Keuangan : Arila
Kadus Rukam : Pakar
Ketua BPD : Raharjo
Ketua LPM : Nusirwan
Dirut BUMDES :Joji Eka Saputra
Bhabinkamtibmas : Briptu Dedek Suhendra

Kantor desa Rukam Bangka Barat
Kantor desa Rukam Bangka Barat (Ist)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved