Breaking News:

Demo Nelayan Bangka Belitung

Yanti Kelelahan Hingga Malam Tunggu Gubernur Bangka Belitung

Yanti, diketahui bukan seorang nelayan, hanya ibu rumah tangga, tetapi suaminya yang bekerja sehari-harinya mencari udang di pinggiran pantai

Bangkapos/Riki Pratama
Yanti terlihat duduk termenung. Kakinya diselonjorkan di atas rerumputan beralaskan karung plastik bekas, pada, Senin (6/4/2021) malam. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Yanti terlihat duduk termenung. Kakinya diselonjorkan di atas rerumputan beralaskan karung plastik bekas pada Senin, (6/4/2021) malam.

Ia duduk berdekatan dengan teman perempuan lainnya yang sedang tiduran karena kelelahan mengikuti aksi unjuk rasa di depan kantor PT Timah Tbk.

Yanti warga Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat ini, satu dari ratusan peserta yang ikut unjuk rasa menuntut untuk mencabut surat perintah kerja (SPK) kapal isap produksi (KIP) PT Timah yang berada di area tangkap nelayan.

Ia rela meninggalkan toko jualnya untuk ikut berjuang bersama warga Belo Laut dan nelayan dari daerah lainnya di Babel terkait aktivitas tambang di wilayah tangkap nelayan.

"Sudah dari jam tujuh pagi tadi kami berangkat dari Belo Laut, kami di sini ikut dengan teman lain berjuang bersama, ini belum pulang hingga malam karena menunggu gubernur yang ingin bertemu kami," jelas Yanti kepada wartawan, Senin (6/4/2021) malam.

Yanti, diketahui bukan seorang nelayan, hanya ibu rumah tangga, tetapi suaminya yang bekerja sehari-harinya mencari udang di pinggiran pantai Desa Belo Laut. 

Hasil udang yang dicari suaminya untuk dijual dan membuat empek-empek udang.

"Saya ibu rumah tangga tapi suami saya nelayan yang mencari udang di pantai, saat ini sulit mencari udang, karena aktivitas tambang, apalagi ada TI rajuk yang ingin masuk," ujarnya sembari memijak-mijak kakinya.

Ia menjelaskan, beberapa bulan terakhir tangkapan suaminya dan nelayan tradisonal lainnya di Belo Laut, mengalami penyusutan, faktornya diduga karena aktivitas tambang laut yang berada dekat wilayah tangkap nelayan.

Tidak lama menunggu, ratusan peserta unjuk rasa didatangi oleh rombongan Gubernur Provinsi Bangka Belitung Erzaldi Rosman berserta Kapolda Irjen Pol Anang Syarif Hidayat bersama Danrem 045/Gaya, Brigjen TNI M Jangkung.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved