Breaking News:

Bisa Menjadi Perawatan Rambut Alami, Ini Fungsi Baking Soda dan Cuka Apel

Jika dilakukan dengan benar, soda kue dengan bantuan cuka sari apel dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan alami.

Nakita.grid.id.
Ilustrasi rambut lebat, kilau dan sehat 

BANGKAPOS.COM - Baking soda sedang banyak mendapatkan perhatian sebagai salah satu rutinitas perawatan rambut alami yang disebut-sebut dapat menggantikan sampo.

Tentu saja pendapat itu kontroversial, ada yang mendukung dan menentang.

Faktanya, jika dilakukan dengan benar, soda kue dengan bantuan cuka sari apel atau apple cider vinegar (ACV) dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan alami.

Cara kerja baking soda
Baking soda (natrium bikarbonat) adalah alkali dengan zat yang bersifat basa di dalamnya. Sesuatu yang dikatakan asam akan memiliki pH kurang dari 7 dan yang dikatakan basa memiliki pH lebih besar dari 7.

Kulit kepala dan rambut kita masing-masing memiliki pH sekitar 5,5 dan 3,7.

Sementara, baking soda memiliki pH 9. Sehingga baking soda sangat efektif dalam membersihkan kulit kepala dan folikel rambut.

Selain itu, baking soda juga dapat menghilangkan kotoran, minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit kepala, dan penumpukan produk rambut yang kita pakai.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan baking soda yang terlalu sering dapat meninggalkan residu di rambut, yang dapat menyebabkan helai rambut kering dan rusak.

Kegunaan cuka sari apel
Tidak diragukan lagi, kita pasti pernah mendengar bahwa cuka sari apel sering digunakan sebagai perawatan rambut alami bersama dengan baking soda.

Baking soda yang mengandung basa dan cuka sari apel yang mengandung asam jika digabungkan akan menetralkan satu sama lain.

Halaman
12
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved