Breaking News:

Advertorial

Bupati Bangka Tengah Apresiasi Inovasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Peluncuran Aplikasi Arsip Beriman dan Garda Star di Bangka Tengah.BUPATI Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan

Bangka Pos/Sela Agustika
20210406 Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan, Budi Utama, serta Kapolres, AKBP Slamet Ady Purnomo, meluncurkan aplikasi Beriman dan Garda Star di Gedung Serba Guna Pemkab Bateng, Selasa (6/4). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- BUPATI Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan, Budi Utama, serta Kapolres, AKBP Slamet Ady Purnomo, meluncurkan aplikasi Beriman dan Garda Star di Gedung Serba Guna Pemkab Bateng, Selasa (6/4).

Aplikasi yang dibentuk oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ini sebagai wujud inovasi baru dalam memberikan pelayanan terbaik untuk membangun peme­rintahan modern menuju Bangka Tengah Unggul.

Bupati Bateng, Algafry Rahman mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bateng. Harapannya, dengan adanya inovasi-inovasi yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini bisa memacu semangat rekan-rekan lainnya dalam mendukung serta mewujudkan Bangka Tengah semakin unggul.

“Ini adalah inovasi baru. Kita ingin inovasi yang dilakukan ini bisa me­nguggah teman-teman di OPD lainnya untuk tetap berinovasi sesuai dengan bidang masing-masing,” ujar Algafry.

Ia menilai inovasi ini sa­ngat memudahkan masyarakat dalam mengamankan berkas pribadi yang sifatnya penting. “Adanya aplikasi ini memudahkan kita semua untuk memanfaatkan berkas penting yang tidak perlu berat bawa barang kemana-mana, cukup download aplikasi dan tentu sangat memudahkan kita semua,” tuturnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Bateng, Budi Utama mengatakan, Arsip Beriman (Aku Rawat Sistem Informasi Penting Bersifat Rahasia dan Aman) ini merupakan terobosan atau inovasi yang dilakukan untuk memberikan kemudahan pelayanan mas­yarakat Bateng.

“Jadi ini sifatnya untuk menyimpan data pribadi dan yang bisa menggunakan aplikasi ini (Beriman-red) hanya masyarakat Bangka Tengah saja yang nomor induk kependudukan (NIK) nya terdaftar di Dukcapil Bangka Tengah,” jelas Budi.

Ia menambahkan tertib arsip mejadi program prioritas pada penyelenggara pemerintah daerah dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, penyelamatan, penggunaan dan penyediaan sumber daya pendukung kearsipan.

“Selain Arsip Beriman kita juga meluncurkan Garda Star sebagai salah satu pendukung dalam mendukung perilaku sadar tertib Arsip dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” ungkap Budi.

Ia berharap di era digital saat ini arsip bisa dilakukan secara tertib dan terpadu dengan memanfaatkan teknologi melalui penerapan e-government yang merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi untuk membangun pemerintahan modern.

“Untuk target kita tahun ini yang sudah menggunakan aplikasi ini khususnya sekolah, perangkat desa, dan stakeholder terkait dan di mana tahun depan kita juga akan sosialisasikan ini ke masyarakat dengan harapannya di era dunia digital sekarang, masyarakat jangan hanya menggunakan handphone untuk hal yang tidak bermanfaat, tetapi bisa mengunakan sebagai alat untuk menyimpan data,” pungkasnya. (adv/t3/bow)

Penulis: iklan bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved