Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Gelar Lomba Bercerita, Marsanti: Menghidupkan Semangat Lomba dan Meningkatkan Budaya Literasi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan menggelar perlombaan bercerita tingkat SD se-Kabupaten Bangka Selatan Rabu, (7/4/2021).

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Penampilan peserta dalam lomba bercerita tingkat SD di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan pada Rabu, (7/4/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan menggelar perlombaan bercerita tingkat SD se-Kabupaten Bangka Selatan Rabu, (7/4/2021).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Marsanti saat ditemui menyebutkan perlombaan ini diikuti sedikitnya 6 orang siswa-siswi dari SD se-Kabupaten Bangka Selatan.

Peserta yang mengikuti perlombaan ini menyajikan cerita mengenai cerita rakyat dan legenda yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

"Lomba Bercerita tahun ini yang kita gelar diikuti 6 orang pelajar SD yaitu dari SD Negeri 19 Toboali, SD Negeri 1 Payung, SD Negeri 1 Tukak Sadai, SD Negeri 5 Toboali, SD Negeri 1 Pulau Besardan SD Negeri 5 Tukak Sadai," ujar Marsanti kepada bangkapos.com.

Ia menyebutkan lomba bercerita ini diikuti oleh 6 orang karena keterbatasan kondisi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Karena memang kondisi seperti ini (Covid-19 -red) dan di sekolah-sekolah juga masih belajar di rumah sehingga untuk lomba ini juga terbatas. Kegiatan ini juga kita lakukan kendatipun terbatas karena telah menjadi program pemerintah sehingga dengan keterbatasan kita gelar," ujarnya.

Adapun tujuan kegiatan ini lanjut Marsanti yakni dapat menumbuhkembangkan kegemaran membaca siswa di tingkat dasar sekaligus mebingkatkan minat baca dan literasi di Kabupaten Bangka Selatan.

"Melalui perlombaan ini juga kita ingin mencari bakat baru di siswa-siswi kita sehingga dapat menghidupkan kembali literasi di daerah kita ini," imbuhnya.

Pemenang perlombaan ini lanjutnya akan dikirim ke tingkat provinsi dan mewakili Kabupaten Bangka Selatan.

Ia berharap kendatipun masih di tengah pandemi, namun keinginan dan semangat lomba siswa di tingkat dasar masih tetap tinggi dan menjadikan cerita rakyat ataupun legenda di tengah masyarakat tetap eksis dan meningkatkan budaya literasi. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved