Breaking News:

Hima Prodi BKI IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Webinar Nasional

Rangkaian Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Qur'an, menyanyikan lagu Indonesia raya

Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Bangka Belitung
Webinar Nasional dengan tema "Career Guidance and Counseling". 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam (Hima Prodi BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS)  Bangka Belitung (Babel) mengadakan Webinar Nasional, Tema "Career Guidance and Counseling".

Peserta yang mendaftar sekitar 180 dan mengikuti  dalam zoom meeting sekitar 132 orang. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom meeting, Senin (5/4/2021)

Webinar Nasional dengan tema
Webinar Nasional dengan tema "Career Guidance and Counseling". (IAIN SAS Bangka Belitung)

Rangkaian kegiatan ini dimulai pada pembacaan Ayat Suci Alquran, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan pembukaan oleh oleh Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Eva Harista, M.Pd.

Acara Seminar ini dipandu oleh MC yang merupakan anggota himpunan mahasiswa BKI dan pemaparan dari narasumber dipandu oleh Moderator Muhammad Sholeh Marsudi, M.A.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) di wakili oleh Kaprodi BKI  Eva Harista, M.Pd. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang terlibat dalam acara ini.

"Secara realita kita tidak bisa bertemu bertatap muka secara langsung di masa pandemic ini tapi berkat teknologi kita bisa bertemu bertatap muka secara tak langsung melalui dunia maya, dan semoga suatu saat kita benar-benar bisa saling bertatap muka secara nyata," katanya.

Webinar ini menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya yaitu yang pertama adalah Dr H Aep Kusnawan, M.Ag  dan pemateri yang kedua yaitu Nurviyanti Cholid, S.Sos.I., M.Pd.I., CHt. Dosen IAIN SAS Bangka Belitung.

Dalam webinar ini, Dr Aep sebagai pemateri pertama menyampaikan materi  tentang urgensi bimbingan dan konseling dalam menentukan arah pilihan karir di era revolusi industri 4.0.

Pemaparan materi yang diberikan berupa power point yang dikemas begitu apik dan terstruktur sekitar 20 halaman slide, memberi pemahaman mendalam kepada peserta tentang skema minat bakat agar tidak salah dalam memilih jenjang karir pada tahap berikutnya.

Beliau juga memaparkan tentang peluang-peluang pekerjaan buat para alumni BKI yang menyebar hampir dalam ke semua lini, baik instansi pemerintahan maupun non pemerintah. Terakhir beliau juga memaparkan tentang sebuah organisasi besar yang menaungi program studi Bimbingan dan Konseling Islam dalam satu wadah PABKI. 

Selanjutnya narasumber ke dua Nurviyanti Cholid memaparkan materi tentang goal achievement therapy "rahasia menetapkan dan mencapai target hidup dengan kekuatan pikiran". Materi tersebut dikemas juga dalam powerpoint dalam pembahasan yang terstruktur, mengajarkan tentang bagaimana cara menuliskan target secara terperici melalui wellform outcome lalu menghancurkan mental block dalam pencapaian target melalui terapi akupuntur jari atau terapi EFT (emotional freedom tehnique) selanjutnya beliau juga memaparkan cara memasukkan target kedalam pikiran bawah sadar melalui tehnik hypnotherapy.

Terapi tersebut idealnya dipaparkan dalam kurun waktu dua hari, namun pada kesempatan tersebut Vivi memaparkannya hanya dalam waktu 45 menit. Ibu Vivi berharap materi tersebut akan ada kelanjutannya dengan waktu yang cukup agar peserta dapat memperoleh hasil yang maksimal. 

Melalui webinar ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta webinar dalam memilih jenjang karir atau profesi yang di inginkan kedepannya dan agar dapat maksimal mencapai target dalam hidup. Setelah selesai penyampaian materi pertama dan kedua dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Melalui webinar ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta webinar dalam memilih jenjang karir atau profesi yang di ingini kedepannya dan agar dapat maksimal mencapai target dalam hidup. (*)

Penulis : Wahyu Firdaus

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved