Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Lidi Nipah Direncanakan akan Ekspor Usai Lebaran Idul Fitri, Ini Alasannya

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung, Elfiyena menunda ekspor lidi nipah yang direncanakan akan dikirim sebelum puasa.

Bangka Pos/Rizki Pahlevy
Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, melakukan Pelepasan Ekspor Perdana Lidi Nipah sebanyak 12 ton ke Nepal dan Lada Sebanyak 45 Ton ke Jepang, pada Senin (6/7/2020) sore di Pelabuhan Pangkalbalam. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung, Elfiyena menunda ekspor lidi nipah yang direncanakan akan dikirim sebelum puasa menjadi setelah lebaran Idul Fitri nanti.

Pasalnya, komoditas alternatif penggerak ekonomi daerah ini belum terkumpul sesuai target yakni 12 ton.

Saat ini lidi nipah yang terkumpul baru kisaran 9 ton sehingga kurang 4 ton lagi untuk dikirimkan ke luar negeri.

Sebelumnya Bangka Belitung sudah dua kali melakukan ekspor dengan tujuan Nepal sebanyak 12 ton, Juli 2020 lalu dan Pakistan sebanyak 10,7 ton, November 2020.

Saat ini, proses ekspor masih dengan skema satu pintu menggunakan nama eksportir Desa Kota Kapur, Mendo Barat, Bangka.

"Sudah lebaran, karena kondisi puasa ini juga, kemudian saat ini, mereka juga ada komoditas alternatif lain, sekarang sawit mahal," kata Elfiyena, Rabu (7/4/2021).

Lebih lanjut, ia menyebutkan saat bulan puasa ini mobilitas orang tentu berkurang dibandingkan hari biasanya sehingga diputuskan setelah lebaran saja.

"Selain pengiriman secara gelondong lidi nipah ini, kami juga mendorong dari segi kerajinan lidi nipah yang diharapkan dapat memiliki nilai jual yang tinggi lagi,"ungkap Elfiyena.

Upaya yang telah dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung dibantu oleh BUMN dalam mengadakan pelatihan dan pembinaan kepada pengrajin lidi nipah.

"Kemarin kami dibantu PT Timah, masyarakat di daerah situ, dilatih selama seminggu, ada 30 orang, di desa Penagan dan desa Kapur, serta dibantu alat juga," kata Elfiyena.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved