Breaking News:

Berita Kriminalitas

Lima Calon Penumpang Kapal, Dibawa Ke Polres Bangka Barat, Diduga Gunakan Surat Swab Antigen Palsu

Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid19 Bangka Barat, Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa mengungkapkan telah mengamankan lima calon penumpang kapal.

Bangka Pos/Antoni Ramli
Ilustrasi Penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid19 Bangka Barat, Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa mengungkapkan telah mengamankan lima calon penumpang kapal terkait pengggunaan surat swab antigen yang diduga palsu, Rabu (7/4/2021).

Lima calon penumpang kapal asal Belinyu, Kabupaten Bangka berinisial B (28), E (25), IY (21), AM (21) dan A (41) ditangkap saat tiba, di Pelabuhan Tanjung Kalian dengan menggunakan satu unit mobil travel.

"Saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas pengawas Satgas Covid-19, Serda Tanjung dan Bripka Noval (Pam Obvit) menemukan surat swab antigen yang mencurigakan karena suratnya itu fotocopy. Setelah diselidiki ternyata dugaan petugas benar, kelimanya diketahui mendapatkan surat swab tanpa melalui test," jelas Agung saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Diketahui terdapat oknum calo melalui perantara sopir travel dan pekerja di Pelabuhan Tanjung Kalian, yang dapat menyediakan jasa surat swab antigen palsu.

"Hasil wawancara di Pos Satgas Covid-19, salah satu penumpang yang mengakui, mendapatkan surat swab antigen melalui perantara sopir travel. MHR yang bekerjasama dengan S (30) yang bekerja sebagai TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) pelabuhan Tanjung Kalian Muntok," kata Agung.

Selain itu terdapat juga oknum lain yang terlibat dalam pengadaan surat swab antigen palsu yakni F yang diketahui berdomisili, di Kota Pangkalpinang yang memberi surat swab antigen palsu kepada MHR.

"F selaku pihak pembuat surat swab antigen berada di Pangkalpinang, serta surat tersebut sebelumnya sudah di kirim melalui mobil bus Pangkalpinang-Muntok. Selanjutnya diterima oleh S, kemudian diserahkan kepada MHR dan dia memberikan surat swab antigen ke penumpang tersebut," jelasnya.

Agung yang juga menjabat sebagai Dandim 0431/Bangka Barat, mengatakan saat ini kelima calon penumpang kapal sudah dibawa ke Polres Bangka Barat.

"Sopir dan penghubung serta kelima orang penumpang, dibawa ke Polres Bangka Barat oleh petugas Patroli Pam Obvit guna dimintai keterangan lebih lanjut," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved