Breaking News:

Ramadhan 2021

Masjid At-Taqwa Semabung Baru Berdampingan dengan Kelenteng, Harmonisasi Simbol Kerukunan

lokasi masjid juga berdekatan dengan Kelenteng Fuk Tet Che di Jalan Depati Hamzah tepat disimpang lampu merah, bersebrangan kurang lebih 100 meter

Andini Dwi Hasanah
20210407 Masjid At-Taqwa Semabung Baru di Jalan Depati Hamzah Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Masjid At-Taqwa Semabung Baru di Jalan Depati Hamzah Kota Pangkalpinang dibangun sejak 1962 lalu. Dan mulai dilakukan pemugaran di tahun 2008, tak banyak yang berubah dari masjid yang berada di pusat kota itu usai dilakukan pemugaran.

Sebab dari segi design tetap mempertahankan bentuk dan bangunan masjid yang lama.

Dulu sebelum dilakukan perluasan, kawasan masjid merupakan sebuah tempat pemakaman, sebab masjid sendiri merupakan tanah wakaf dari seorang tokoh penyebar agama islam yang juga dimakamkan di kawasan pemakaman tersebut.

Lalu di tahun 2008 ketika ingin dilakukan perluasan wilayah masjid, 144 makam di kawasan itu dipindahkan ke arah belakang masjid agar pembangun dapat dilakukan secara luas.

Hingga sekarang pun masjid masih berdampingan dengan ribuan makam tepat di sebelah dan belakangnya.

Pemugaran dulu terpaksa dilakukan sebab masjid terkendala wilayah parkir yang sempit dan halaman masjid yang tak luas.

Kini masjid yang berdua menara sebagai tempat mengumandangkan azan itu sudah berdiri kokoh nan megah, disertai gerbang masjid tepat di bagian depan.

Masjid At-Taqwa Semabung Baru terletak tepat di simpang lampu merah, atau yang lebih dikenal masyarkat Kota Pangkalpinang lampu merah simpang semabung.

Dengan lokasi yang sangat strategis membuat masjid ini nyaris tak pernah sepi, sebab pengendara yang melintasi jalan protokol itu ketika memasuki waktu sholat selalu menyempatkan berhenti di masjid.

Tak hanya itu, lokasi masjid juga berdekatan dengan Kelenteng Fuk Tet Che di Jalan Depati Hamzah tepat disimpang lampu merah, bersebrangan kurang lebih 100 meter dari masjid At-Taqwa. 

Halaman
12
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved