Breaking News:

Ramadhan 2021

Masjid Jami Koba Tertua di Bangka Tengah, Dulunya Rumah Keresidenan Belanda

Masjid Jami Koba yang terletak tepat di Bundaran Tugu Ikan ini menjadi bangunan masjid tertua di Bangka Tengah (Bateng).

bangkapos.com
Masjid Jami Koba Bangka Tengah. (Bangkapos.com/Sela Agustika) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Masjid Jami Koba yang terletak tepat di Bundaran Tugu Ikan ini menjadi bangunan masjid tertua di Bangka Tengah (Bateng). Rumah ibadah itu dibangun pada Tahun 1970 dan perlahan mengalami perubahan hingga akhirnya tampak megah. 

Keberadaan Masjid Jami ini dulunya juga merupakan tempat bangunan bersejarah. Di mana sebelum dibangun tempat ibadah, wilayah masjid ini dulunya adalah bangunan Rumah Keresidenan Belanda.

Sejak dibangun Tahun 1970, masjid ini sudah dilakukan renovasi dan untuk renovasi dilakukan sejak akhir Tahun 2008 dan masih berlangsung sampai saat ini.

Meskipun direnovasi, Masjid Jami ini masih meningalkan bangunan lama yakni tiang penyangga yang terletak pada bagian dalam masjid, tepatnya berada di tengah masjid yang tersusun sejajar.

Sebanyak enam tiang penyangga ini menjadi struktur bagunan lama yang tersisa, namun ada tambahan sedikit polesan baru pada bagian tiang seperti pemberian warna cat dan tambahan arsitektur lainnya.

Model dan gaya bangunan Masjid Jami ini sengaja dibuat sedemikian rupa, tapi tetap berfokus pada desain adat melayu pada umumnya.

Bentuk kubah masjid ini juga menyerupai bentuk tudung saji. Di mana Masjid Jami ini juga memiliki luas ukuran kisaran 30x32 meter dan halaman masjid bagian depan sebagai tempat parkir kendaraan jamaah.

Keunikan yang membuat Masjid Jami ini berbeda pada masjid lainnya, yakni setiap bagian pintu dan kacanya terdapat ukiran Kaligrafi Arab.

Selain itu, tiang Masjid Jami yang besar dan tinggi ini menunjukan kewibawaan masjid, sehingga terlihat lebih luas dan tinggi dari masjid pada umumnya.

Akses masuk ke masjid ini juga terdiri atas tiga pintu utama. Di mana saat memasuki dalam masjid, akan terlihat langit-langit masjid yang diukir berbentuk melengkung seperti tudung saji.

Halaman
12
Penulis: Sela Agustika
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved