Breaking News:

Memahami Apa Itu Zirkon, Mineral di Bangka Belitung yang Pengirimannya ke China Menuai Polemik

Berikut ulasan memahami apa itu zirkon, mineral yang banyak terdapat di Bangka Belitung dan ekspornya ke China menuai polemik| Berikut perkembangannya

Penulis: Dedy Qurniawan (CC) | Editor: Dedy Qurniawan
Bangkapos.com/Yuranda
Memahami Apa Itu Zirkon, Mineral di Bangka Belitung yang Pengirimannya ke China Menuai Polemik - Dirjen Mineba, Kementrian ESDM, Ridwan Djamaluddin didampingi Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra, tinjau Zirkon di Pelabuhan Pangkalbalam, Senin (5/4/2021). 

BANGKAPOS.COM - Berikut ulasan memahami apa itu zirkon, mineral yang banyak terdapat di Bangka Belitung dan saat ini pengirimannya ke China menuai polemik.

Pengertian Zirkon

Sebenarnya apa itu Zirkon?

Zirkon adalah batu mineral dengan beberapa macam warna.

Adapun rumus kimia Zirkon adalah ZrSiO4 (zirkonium silikat), bobot jenis 4-4,8, kekerasan 7-7,5.

Zirkon mempunyai kemampuan mendispersikan cahaya sehingga kelihatan berkilauan yang hanya kalah dari kilauan intan.

Memahami Apa Itu Zirkon, Mineral di Bangka Belitung yang Pengirimannya ke China Menuai Polemik - Zirkon adalah batu mineral dengan beberapa macam warna. Dengan rumus kimia ZrSiO4 (zirkonium silikat), bobot jenis 4-4,8, kekerasan 7-7,5, mempunyai kemampuan mendispersikan cahaya sehingga kelihatan berkilauan yang hanya kalah dari kilauan intan.
Memahami Apa Itu Zirkon, Mineral di Bangka Belitung yang Pengirimannya ke China Menuai Polemik - Zirkon adalah batu mineral dengan beberapa macam warna. Dengan rumus kimia ZrSiO4 (zirkonium silikat), bobot jenis 4-4,8, kekerasan 7-7,5, mempunyai kemampuan mendispersikan cahaya sehingga kelihatan berkilauan yang hanya kalah dari kilauan intan. (Wikimedia via Tribunnewswiki.com)

Kegunaan Zirkon

Catatan bangkapos.com, Santi Dwi Pratiwi, alumnus  SMA Negeri 1 Manggar, lulusan sarjanan geologi Trisakti Jakarta, pernah menjelaskan apa itu Zirkon dan kegunaannya.

Kegunaan mineral zirkon sangat banyak.

Di antaranya sebagai batu setengah permata, bahan untuk perhiasan dan abrasif (ampelas), bahan lapisan anti gores keramik, bahan anti korosi dan penahan panas ( refraktori dan foundri).

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved