Breaking News:

Arsitektur Cina, Eropa dan Melayu, Presiden Soekarno pun Sempat Salat di Masjid Ini

Beralaskan ubin dari Italia, Masjid Jami yang beralamat di Jalam Imam Bonjol, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat merupakan masjid permanen

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Beralaskan ubin dari Italia, Masjid Jami yang beralamat di Jalam Imam Bonjol, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat merupakan masjid permanen pertama yang ada di Pulau Bangka, Rabu (7/4/2021).

Berdasarkan kaligrafi yang berada di atas pintu masuk Masjid, diketahui Masjid Jami sudah diresmikan pada 19 Muharram 1300 H (1883 Masehi).

Selain itu kaligrafi yang berada di atas mimbar menjelaskan, Tumenggung Abang Muhammad Ali Kertanegara II merupakan tokoh penggagas berdirinya Masjid Jami.

Masjid Jami Muntok dibangun dengan gaya campuran eropa, melayu dan cina, untuk bangunannya tetap mempertahankan bentuk asli dengan menggunakan dua atap bertingkat yang menyerupai atap tumpang.

Selain itu Masjid Jami juga menjadi saksi bisu kala Presiden pertama Indonesia Soekarno, pernah salat di Masjid Jami Muntok saat pengasingan oleh pemerintah Belanda kala itu. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved