Breaking News:

Berita Pangkalpinang

FGD Strategi Promosi Investasi Dalam Meningkatkan Cipta Kerja, Molen Minta Saling Bersinergi

Yan Rizana menyebutkan, sektor penanaman modal memegang peranan penting sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi daerah

Andini Dwi Hasanah
Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Strategi Promosi Investasi Dalam Meningkatkan Cipta Kerja di Kota Pangkalpinang, di Swissbell Hotel, Kamis (8/4/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Strategi Promosi  Investasi Dalam Meningkatkan Cipta Kerja di Kota Pangkalpinang, di Swissbell Hotel, Kamis (8/4/2021).

FGD yang diikuti oleh 60 orang terdiri dari Komisi III DPRD, Perangkat Daerah, Pelaku Usaha/UMKM, dan para pemangku kepentingan di bidang penanaman modal itu diaharapkan dapat menjadi dasar dalam promosi penanaman modal di Kota Pangkalpinang.

Hingga menarik minat para pelaku usaha dan para para investor agar dapat mengembangkan peluang dan potensi investasi yang ada.

Baca juga: Tembak 4 Anggota FPI Hingga Tewas, Polri Dalami Peran Penembak yang Meninggal Kecelakaan Motor

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang Yan Rizana menyebutkan, sektor penanaman modal memegang peranan penting sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus mempercepat kesejahteraan masyarakat karena akan terjadi penyerapan tenaga kerja, alih teknologi dan pembinaan kemitraan dengan UMKM.

"Untuk menarik minat para pelaku usaha atau investor mengembangkan potensi dan peluang investasi yang ada, Kota Pangkalpinang perlu dikemas dalam seperangkat informasi yang
sistematis dan informatif. Penyusunan Dokumen Strategi Promosi Penanaman Modal diharapkan dapat menjadi dasar dalam rangka pelaksanaan promosi penanaman modal di Kota Pangkalpinang," sebut Yan Rizana dalam laporan sambutannya di FGD Strategi Promosi  Investasi Dalam Meningkatkan Cipta Kerja di Kota Pangkalpinang, di Swissbell Hotel, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, FGD ini gelar guna menjaring dan menghimpun masukan/saran dari Kepala OPD, Kepala Instansi dan para pemangku kepentingan di bidang penanaman modal mengenai strategi promosi penanaman modal dalam rangka mewujudkan cipta kerja di Kota Pangkalpinang.

Tak hanya itu, FGD guna meningkatkan cipta kerja itu menghadiri narasumber berasal dari Direktorat Fasiitasi Promosi Daerah, Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM RI) dan Universitas Bangka Belitung.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) meminta FGD yang digelar seperti hari ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Sebab menurutnya, sangat disayangkan jika dalam kondisi seperti ini banyak pihak tidak bisa memanfaatkan suasana dengan baik.

"Keluar dari ruangan ini ada sesuatu yang bisa kita ciptakan, ada sesuatu yang kita hasilkan. Pembangunan investasi di kota Pangkalpinang tidak lepas dari culturenya, jadi dalam berinvestasi sama seperti kita membeli rumah pasti nanya airnya gimana aman ga, sama membangun investasi juga harus seperti itu," ungkap Molen dalam sambutannya.

Molen mengibaratkan Kota Pangkalpinang ibarat Kota Palembang 15 tahun lalu, seperti gadis remaja yang beranjang ingin dewasa. Dimana kota Pangkalpinang punya potensi dan saat ini sedang berbenah.

"Harus bersinergi kita semua unsur ini, harus totalitas, harus punya integritas yang tinggi, supaya kita ikut berbarengan majunya bersama-sama, saya rasa FGD ini sangat bagus bagaimana kita berupaya meningkatkan investasi agar bisa pula meningkatkan cipta kerja di kota kita," jelasnya.

Kata Molen, beberapa hal yang dibahas dalam FGD terkait sumber daya apa yang bisa menjadi investasi di Kota Pangkalpinang.

"Mana yang harus diperbaiki, mana yang harus kita buat terus mempersiapkan perencanaan yang matang bagaimana menciptakan iklim investasi yang baik di Kota Pangkalpinang banyak hal yang dibahas tadinya, pada intinya kita harus bersinergi bersama,"  ucap Molen.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved