Breaking News:

Ramadhan 2021

Masjid Al Ihsan Masjid Tertua di Toboali, Miliki Kubah Seperti Masjid Agung Demak dan Banten

Tenar sebagai masjid tertua di Toboali, Masjid Al Ihsan hingga kini masih berdiri kokoh dan turut menjadi saksi berkembangnya Toboali sejak dulu.

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Masjid Al Ihsan Toboali yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Toboali 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Tenar sebagai masjid tertua di Toboali, Masjid Al Ihsan hingga kini masih berdiri kokoh dan turut menjadi saksi berkembangnya Kota Toboali sejak dulu.

Masjid yang dulunya disebut sebagai Masjid Jami Toboali ini terletak di jantung kota Toboali yakni di Jalan Jenderal Sudirman Toboali

Masjid ini  berdekatan dengan lokasi-lokasi strategis tempo dulu, di Toboali seperti misalnya Benteng Toboali, Kawasan PT Timah TBk, Kantor Pos dan Gedung Nasional Kota Toboali hingga Tugu Tani Toboali.

Jika melihat masjid ini dari dekat maka anda akan melihat sebuah masjid dengan didominasi oleh warna merah bata yang senada dengan warna atap masjid hingga lantai bagian pelataran dan halaman depan masjid.

Jika pada umumnya kubah masjid di Indonesia berbentuk bulat, tidak demikian di Masjid Al Ihsan Toboali lantaran kubah masjid tertua di Toboali ini berbentuk limas dengan tiga tingkat disertai dengan Kaca Patri di bagian dinding-dinding penyanggah kubah.

Bentuk kubah Masjid Al Ihsan bahkan tampak mirip dengan kubah Masjid Agung Demak dan Masjid Agung Banten.

Di bagian bawah atap dan kubah, sebanyak 6 pilar berukuran kecil dengan warna putih tampak menopang masjid dan menjadi lebih cantik dan kokoh.

Ketua Masjid Al Ihsan Toboali, Abdul Rahim Abbas saat diwawancarai Bangkapos.com, menyebutkan Masjid Al Ihsan Toboali kemungkinan didirikan pada era 1.900-an.

Namun demikian menurut Abbas tidak ada tanggal dan tahun pasti kapan masjid ini mulai dibangun.

"Kalau untuk pastinya tahun berapa masjid ini dibangun itu tidak ada catatannya, namun yang pastinya sebelum saya lahir pada tahun 1940-an masjid ini sudah berdiri kokoh," ungkapAbbas kepada Bangkapos.com pada Kamis, (8/4/2021).

Halaman
123
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved