Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Masjid Al Ihsan, Masjid Tertua di Toboali yang Miliki Kubah Limas Seperti Masjid Agung Demak

Masjid Al Ihsan yang disebut-sebut sebagai masjid tertua di Toboali hingga kini masih berdiri kokoh dan turut menjadi saksi berkembangnya Kota Toboali

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Masjid Al Ihsan yang disebut-sebut sebagai masjid tertua di Toboali hingga kini masih berdiri kokoh dan turut menjadi saksi berkembangnya Kota Toboali sejak dulu.

Dulunya bahkan masjid ini disebut juga sebagai Masjid Jami Toboali dan terletak di jantung kota Toboali yakni di Jalan Jenderal Sudirman Toboali.

Jika pada umumnya kubah masjid di Indonesia berbentuk bulat, tidak demikian di Masjid Al Ihsan Toboali lantaran kubah masjid tertua di Toboali ini berbentuk limas dengan tiga tingkat disertai dengan Kaca Patri di bagian dinding-dinding penyanggah kubah.

Bentuk kubah Masjid Al Ihsan bahkan tampak mirip dengan kubah Masjid Agung Demak dan Masjid Agung Banten.

Di bagian bawah atap dan kubah, sebanyak 6 pilar berukuran kecil dengan warna putih tampak menopang masjid dan menjadi lebih cantik dan kokoh.

Ketua Masjid Al Ihsan Toboali, Abdul Rahim Abbas saat diwawancarai menyebutkan Masjid Al Ihsan Toboali kemungkinan didirikan pada era 1.900-an.

Namun demikian menurut Abbas tidak ada tanggal dan tahun pasti kapan masjid ini mulai dibangun.

"Kalau untuk pastinya tahun berapa masjid ini dibangun itu tidak ada catatannya, namun yang pastinya sebelum saya lahir pada tahun 1940-an masjid ini sudah berdiri kokoh," ujar Abbas kepada bangkapos.com pada Kamis, (8/4/2021).

Menurut keterangan Abbas, Masjid Al Ihsan Toboali disebut-sebut merupakan masjid yang diwakafkan oleh warga Beretnis Arab yang dulunya menempati kawasan Masjid Al Ihsan Toboali pada era 1930-an lalu.

Tempo dulu lanjut Abbas Masjid Al Ihsan Toboali yang jaraknya dekat dengan Gedung Nasional Toboali berukuran 8x8 meter dan telah mengalamai dua kali proses renovasi.

Halaman
12
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved