Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelototi Tambang Timah di Babel, Bareskrim Polri dan Kemenko Kemaritiman Bentuk Satgas

Bareskrim Polri bersama Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Nasional.

(Bangkapos.com/Yuranda)
Direktur Tipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto, di Ruang Pertemuan di Novotel Bangka hotel and Convetion Centre, Kamis (8/4/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri), bersama Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Nasional.

Satgas ini akan mengawasi tata kelola mineral ikutan timah, guna perbaikan ekonomi nasional. Hal tersebut dilakukan Bareskrim Polri, untuk mendukung program-program pemerintah.

"Bagaimana nantinya, untuk mulai memperhatikan mineral ikutan daripada timah ini, yang tadinya hanya bisa dinikmati orang tertentu, ini bisa bermanfaat untuk keseluruhan," kata Direktur Tipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto, di Novotel Bangka Hotel and Convention Centre, Kamis (8/4/2021).

Terkait dengan, PT Cinta Alam Lestari (CAL), intinya bahwa saat ini pihaknya sedang menunggu dari hasil laboratorium. Kalau nanti hasilnya memang sesuai dan sudah jelas dari hasil laboratorium dan bisa pihaknya terima.

"Kita evaluasi dan kita sampaikan kepada rekan-rekan. Jadi saat ini, kita sama-sama menurunkan tim, dan sedang susun. Kita akan lakukan assessment secara keseluruhan. Mana yang kira-kira perlu diperbaikkan, mana-mana yang perlu dilakukan penegakan hukum," ungkapnya.

Selain itu, Pipit juga mengatakan mana-mana saja yang perlu diawasi, guna meningkatkan nilai dan perbaikan ekonomi nasional maupun daerah ini ada peningkatan.

"Memang PT CAL, sebagai pintu masuk, untuk dicek masalahnya, kalau memang benar ada kesalahan, nanti akan berlaku untuk semua perusahaan," katanya.

Menurutnya, semua yang dilakukan oleh Bareskrim, demi untuk kepentingan perbaikan ekonomi nasional. Sama hanya dengan Satgas nantinya, itu juga guna memperbaiki ekonomi nasional.

Sebelumnya diberitakan, Brigjen Pol Pipit Rismanto menegaskan Dittipidter Bareskrim Polri, akan melakukan pengawasan terhadap segala bentuk kegiatan pertambangan, di Provinsi Bangka Belitung.

Pipit menyampaikan, segala bentuk pertambangan, baik pertambangan Timah, dan tambang yang lainnya, akan diawasi.

"Itu dilakukan dari hulu ke hilirnya. Hilirnya adalah smelter. Kemudian yang berikutnya adalah pengendalian. Tentunya yang perlu dikendalikan adalah mungkin prosesnya," kata Brigjen Pol Pipit Rismanto.

Halaman
123
Penulis: Yuranda
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved