Breaking News:

Benarkah Pori-pori Kulit Wajah Bisa Dikecilkan? Simak Penjelasannya

Benarkah klaim perawatan kulit seperti serum, masker wajah, serta strip pori bisa mengecilkan pori-pori hingga ke ukuran yang tidak terlihat?

freepik
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Banyak sekali merek perawatan kulit yang menjanjikan produknya dapat mengecilkan pori-pori atau bahkan membuat kulit wajah terlihat tanpa pori.

Benarkah klaim perawatan kulit seperti serum, masker wajah, serta strip pori bisa mengecilkan pori-pori hingga ke ukuran yang tidak terlihat?

Dokter kulit yang juga salah satu pendiri perusahaan perawatan kulit the A Method, Dr Tina Alster mengatakan, anggapan produk topikal dapat mengecilkan pori-pori itu adalah keliru.

Menurut dia, pori-pori tak dapat sepenuhnya lenyap, karena pori pori juga berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit.

"Seseorang dapat memiliki wajah tanpa pori itu hanya mitos. Pori-pori sangat penting untuk struktur normal dan fungsi kulit yang sehat," ujar dia seperti dilansir HuffPost.

Pori-pori hanyalah bukaan folikel rambut dan setiap pori mengandung kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak atau sebum.

Kulit tetap membutuhkan sebum untuk pelumasan dan perlindungan, meskipun kita mungkin mengalami masalah jerawat jika kelebihan sebum atau kulit kering jika kekurangan.

Namun, apabila kita ingin pori-pori kulit wajah terlihat lebih kecil, Dr Alster mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Mengecilkan pori-pori
Dokter kulit, Dr Suzanne Friedler menerangkan, pori-pori yang besar memang terlihat sangat menakutkan di cermin.

Namun, pori-pori tersebut umumnya tidak menimbulkan risiko kesehatan sama sekali.

Halaman
1234
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved