Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Larangan Mudik Lebaran, Satgas Covid-19 Bangka Belitung Mulai Perketat Pengawasan di Pelabuhan

Pemerintah secara resmi melarang kegiatan pulang kampung atau mudik selama libur hari raya Idul Fitri tahun ini.

Bangkapos.com/Riki Pratama
Sekretaris, Percepatan, Penanganan, Covid-19 Provinsi, Bangka Belitung, Mikron Antariksa. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah secara resmi melarang kegiatan pulang kampung atau mudik selama libur hari raya Idul Fitri tahun ini.

Tujuanya untuk menekan penyebaran Covid-19 yang masih terus meningkat dan belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Perjalanan yang dilarang ialah perjalanan lintas kota/kabupaten/provinsi/negara di dalam rentang waktu dari mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

Untuk memastikan itu, Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman telah memantau langsung bersama Satgas Covid-19 Babel ke pelabuhan Tanjung Kalian Mentok pada Jumat (9/4/2021) sore tadi.

Ia ingin memastikan bahwa perintah larangan mudik benar diawasi oleh Satgas Covid-19 Bangka Belitung nantinya.

"Jadi memang arahan pak gubernur dalam kunjungan ke pelabuhan ke Tanjung Kalian Muntok, berdasarkan edaran Satgas Covid-19 dan pemerintah pusat bahwa mudik dilarang untuk masyarakat terutama ASN, TNI dan Polri itu arahannya," jelas Mikron kepada wartawan, Jumat (9/4/2021).

Kemudian, Mikron, menjelaskan arah lainya yang disampaikan gubernur terkait transportasi logistik agar perjalanan pulang dan pergi melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok tidak terhambat, perlu dilakukan penambahan kapal angkut nantinya.

"Begitu juga sarana jalan yang harus dilalui oleh para pemudik diharapkan tidak terhambat. Sehingga mempermudah masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Mikron.

Nantinya juga kata Mikron, akan dibentuk tempat verifikasi terhadap pengguna tranportasi laut yang ingin pulang ke daerah masing-masing. Dengan alasan diluar mudik seperti ada berita duka, tugas pekerjaan yang ditandai dengan surat keterangan.

"Kemudian juga menghendaki satgas angkutan laut yang dikomandai TNI AL untuk bersinergi dengan forkopimda yang ada di pelabuhan,"ujarnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved