Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Siapkan Rp350 Juta Untuk Perawatan dan Perbaikan Taman

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pangkalpinang, Andy Andriadoria, Jumat (9/4/

bangkapos.com
Taman Vertikal di Kota Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah) 

BANGKAPOS.COM, BANGK A -- Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pangkalpinang, Andy Andriadoria, Jumat (9/4/2021) menyebutkan, pemerintah kota (Pemkot) memang menyediakan anggaran khusus untuk perawatan dan perbaikan taman vertikal di kota ini.

Untuk perawatan listrik di seluruh taman di Kota Pangkalpinang tersedia anggaran perawatan sekitar Rp90 Juta, dan untuk perawatan dan biaya perbaikan keseluruhan sebesar Rp350 juta per tahunnya.

"Dari total keseluruhan taman kita di Kota Pangkalpinang kurang lebih ada sebelas taman, nah itulah yang kita lakukan perawatan. Jika ada yang rusak langsung kami ganti, kami perbaiki. Kan kami juga ada petugas tamannya jadi ketika ada lapiran itu langsung kami perbaiki kalau ada yang rusak," kata Andy kepada Bangkapos.com, Jumat (9/4/2021).

Hingga kini kata Andy, pihaknya masih melakukan perawatan dan perbaikan beberapa Taman Vertikal di Kota Pangkalpinang.

"Kalau secara fisik karena terkena hujan dan panas setiap harinya itu kan wajar, jadi makanya memang disiapkan perawatan khusus, termasuk ngecat bola beton baru-baru ini beberapa sudah ada yang pudar jadi kami cat ulang untuk kembali mempercantik kota," katanya.

"Kalau sekarang karena ada perawatan ni jadi sudah sedikit berkurang, kan rata-rata kerusakan itu biasanya cat yang sudah pudar, terus yang retak-retak, terus listrik karena outdoor itukan jadi rentan banget rusaknya," tambahnya.

Dia menyebutkan, untuk wajah baru di Kota Pangkalpinang, pemerintah selalu berusaha memberi perubahan dan mempercantik  berbagai sudut, setiap tahunnya.

"Namun untuk tahun ini kita usulkan di APBD perubahan itu tadi lah, jadi baru bisa berjalan itu sekitar September seperti itu. Kalau upaya selalu ada berbagai upaya kita pemerintah untuk terus mempercantik wajah kota kita," katanya

Jika nanti sudah diajukan di APBD Perubahan 2021 pihaknya akan mengembangkan taman yang ada di Kampung Opas Kelurahan Gedung Nasional.

"Disitu kan kemarin sudah dilakukan pembangunan oleh pusat menggunakan APBN, nah nanti akan kita kembangkan. Di situ nantinya akan kita buat kampung senyum namanya, ada tamannya juga kan kami rencana nanti akan buat wisata malamnya juga di situ, karena kalau siang panas, jadi potensinya hanya di malam," jelas Andy.

Tak hanya itu, Taman Dealova juga ingin terus dikembangkan, menjadi spot olahraga di Kota Pangkalpinang.

"Kalau di Taman Dealova kan di situ sudah ada skateparknya, nanti akan kita kembangkan lagi dengan adanya lapangan basket di situ. Karena di situ kita memang konsepnya mini sport. Kan memang banyak orang yang berolahraga di situ," katanya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved