Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sistem Informasi PPID Bangka, Optimalisasi Penyampaikan Informasi kepada Publik

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka gencar melakukan optimalisasi portal Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka, Boy Yandra saat Dialog Tengah bertema Sistem Informasi PPID Bangka, Layanan Online Hak Anda untuk Tahu, Jumat (9/4/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka gencar melakukan optimalisasi portal Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi seputaran tentang kegiatan pemerintah daerah kepada seluruh masyarakat di Pulau Bangka.

"PPID ini harus ada di pemerintahan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, itu wajib. Informasi yang kita sampaikan harus jelas, data harus valid, dan dokumentasikan dengan baik," ujar Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka, Boy Yandra saat Dialog Ruang Tengah bertema Sistem Informasi PPID Bangka, Layanan Online Hak Anda untuk Tahu, Jumat (9/4/2021).

PPID ada dua yakni PPID utama ada diskominfotik dan PPID pembantu ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang dikelola oleh sekretaris atau kabid yang ditugaskan untuk memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat.

"PPID ini di Bangka sudah berjalan, tetapi belum maksimal, ketika ada lomba terakhir maka diambil keputusan PPID di setiap OPD untuk mendukung menjadi cakupan kesatuan dan berhasil juara I di tingkat provinsi," kata Boy.

Ia menilai PPID sangat dibutuhkan ketika masyarakat membutuh data, sehingga sudah menjadi kewajiban mereka memberikan informasi kepada masyarakat.

"Semua OPD dibekali ilmu dalam mengelola web pada setiap OPD, jadi bisa langsung ke pihak bersangkutan sehingga akses menjadi tepat sesuai permintaan informasi. Nanti ada petugas khusus untuk memberikan pelayanan penyampaian informasi," jelas Boy.

Setiap OPD akan mengisi kegiatan dan informasi pembangunan daerah setiap OPD pada portal PPID, kemudian diperiksa oleh Diskominfotik dalam hal pemberian informasi tersebut.

"Kami sudah menekan dan mewajibkan bahwa setiap OPD harus aktif, dan akan dipantau. Portal ppid-kab.bangka.go.id ini sudah maksimal dioperasi disetiap OPD dan aktif.

Kegiatan apapun dimasukan di sana yang bermanfaat bagi orang lain, ini sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat," jelas Boy.

Bila ada OPD yang tidak memperbarui informasi maka disepakati seluruh admin, akan ada tim pengawas yang memberikan teguran.

"Para admin ini juga sudah diberikan pelatihan untuk konten dan publikasi, agar pelayanan ini dapat berjalan optimal," kata Boy.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved