Breaking News:

Bocoran Orang Dalam Militer, China Siap Perang, Kapal Induk Shandong Diturunkan ke Laut Lepas

Bocoran Orang Dalam Militer, China Siap Perang, Kapal Induk Shandong Diturunkan ke Laut Lepas

SCMP
Kapal Induk Shandong China 

BANGKAPOS.COM - Rilis video media pemerintah dari kapal induk Shandong China menunjukkan kapal raksasa itu diperkirakan akan segera menuju ke laut lepas.

Kapal Shandong China akan melanjutkan persiapannya untuk terjun ke medan tempur, menurut orang dalam militer, dilansir dari South China Morning Post.

"Shandong mungkin akan memulai latihan dan pelatihannya di laut lepas akhir tahun ini, yang merupakan langkah penting untuk mencapai kemampuan operasional awal (IOC)," kata sumber yang dekat dengan angkatan laut.

Pemberitaan pemerintah China Central Television merilis rekaman itu pada hari Selasa (7/4/2021), menunjukkan bagaimana operator tersebut terus melanjutkan persiapannya meskipun dunia sedang dicengkeram oleh pandemi virus corona.

"Setelah diserahkan ke angkatan laut (dari pembuat kapal), dibutuhkan setidaknya 18 bulan bagi kapal induk untuk mencapai IOC karena ada ribuan item untuk diuji dan disetujui," kata Zhou Chenming, seorang peneliti di militer Yuan Wang think tank di Beijing.

Menurut video CCTV, Shandong, yang merupakan kapal induk pertama yang dikembangkan di dalam negeri China, memiliki 12.000 sistem peralatan yang berbeda.

Kapal itu sedang dalam perjalanan untuk menjadi kapal induk kedua angkatan laut dengan status IOC, setelah Liaoning.

Kapal induk China ketiga - yang dilengkapi ketapel elektromagnetik tercanggih di dunia untuk meluncurkan jet - diharapkan akan diluncurkan akhir tahun ini.

Sementara Shandong telah melakukan sembilan uji coba laut, semuanya di Teluk Bohai atau Laut Cina Selatan, yang relatif dekat dengan pangkalan militernya di Sanya, provinsi Hainan, menurut Lu Li-Shih, mantan instruktur di Akademi Angkatan Laut Taiwan di Kaohsiung.

Dia setuju bahwa video CCTV menunjukkan kapal itu sekarang siap untuk berlayar ke laut lepas.

Halaman
12
Editor: M Zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved