Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dishub Bangka Belitung Minta Edukasikan Penerapan GeNose ke Para Penumpang di Bandara

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, KA Tajuddin mengatakan, alat pendeteksi virus Corona, GeNose menjadi pilihan.

Bangkapos/Riki Pratama
Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, meniup kantong udara pemeriksaan GeNose di Bandara Depati Amir, ia menjadi orang pertama melakukan tes GeNose yang mulai diberlakukan pihak Angkasa Pura II, mulai Senin (12/3/2021) besok. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, KA Tajuddin mengatakan, alat pendeteksi virus Corona, GeNose menjadi pilihan alat yang dapat digunakan untuk memeriksa calon penumpang di Bandara Depati Amir dan Hanandjoeddin.

Selain alat tes sebelumnya seperti rapid tes antigen dan Swab PCR yang selama ini digunakan.

"Kita harapkan dengan adanya GeNose ini akan menambah alat atau cara pemeriksanaan Covid-19 di Bandara Depati Amir dan Bandara H A S Hanandjoeddin. Kita menyambut baik atas langkah yang diambil pihak Angkasa Pura II, dalam menyediakan alat GeNose ini di dua Bandara yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," jelas Tajuddin kepada Bangkapos.com, Minggu (11/4/2021).

Menurutnya,  alat GeNose yang tergolong baru dengan metode hembusan napas, diharapkan terus dilakukan edukasi kepada masyarakat luas agar memahami langkah dan proses yang akan diberlakukan dalam pemeriksaan.

“Calon penumpang juga dapat melakukan pemeriksaan dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan rapid tes antigen. Kemudian untuk masa berlaku hasil GeNose C-19 negatif adalah selama 1x24 jam, sesuai dengan surat edaran menteri perhubungan,"katanya.

GM Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Syahril, mengatakan Angkasa Pura II Bandara Depati Amir telah menyiapkan alat GeNose, yang dilauching langsung Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, pada Minggu (11/4/2021).

Syahril mengungkapkan selain dua bandara yang ada di Bangka Belitung yang disetujui oleh Kementerian Perhubungan.

Bandara lainnya yang disetuji untuk penggunaan GeNose yaitu Sultan Thaha Jambi, menerapkan GeNose C-19.  

“Pada tanggal 12 April 2021 Babel dan Jambi disetujui Kementerian Perhubungan memberlakukan GeNose dalam waktu yang sama yaitu Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bandara Tanjung Pandan dan Bandara Sultan Thaha Jambi,” jelas Syahril. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved