Breaking News:

Otomotif

Jangan Sampai Membesar, Pahami Masalah Rembes pada CVT Motor Matik

Beberapa kerusakan kecil yang jarang diperhatikan salah satunya adalah rembes pada bagian Continuously Variable Transimission (CVT).

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Stanly/Otomania
Mesin motor. 

BANGKAPOS.COM - Motor matik dengan segala kemudahan perawatannya tentu juga memerlukan perhatian khusus.

Jangan sampai persoalan kecil nantinya akan menjadi masalah besar dan malah merugikan.

Beberapa kerusakan kecil yang jarang diperhatikan salah satunya adalah rembes pada bagian Continuously Variable Transimission (CVT).

Rembes pada bagian CVT bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Yunus Prihandoyo yang merupakan mekanik salah satu bengkel AHASS di Solo, Jawa Tengah mengatakan, rembes pada CVT motor matik kemungkinan itu merupakan oli gardan, sebab pada kendaraan matik oli mesin dengan oli transmisi terletak di bagian yang berbeda.

"Kalau rembes pada CVT dilihat dulu sumbernya dari mana, pada mesin bagian CVT sudah didesain sedemikian rupa sehingga ketika ada masalah akan dapat terdeteksi dengan mudah," kata Yunus kepada kompas.com beberapa waktu lalu.

Rembes pada bagian CVT motor matik kemungkinannya ada dua, yakni seal karet yang berada di kruk as, dan bisa juga karena perpak packing yang menghubungkan antar blok CVT.

Yunus menjelaskan, kebanyakan yang mengalami rembes pada bagian CVT motor matik adalah bagian seal karet kruk as.

Kruk as sendiri berfungsi sebagai penerus gerak naik turun piston yang diubah menjadi gerak berputar yang akan disalurkan ke pulley depan dan menjadi tenaga yang bisa menggerakkan roda dengan bantuan v-belt.

Penyebab kerusakan pada seal kruk as ini biasanya disebabkan karena seal sudah termakan usia.

Dengan suhu yang tidak menentu, kadang panas dan juga dingin membuat seal karet tersebut akan getas dan mengeras sehingga kerjanya tidak maksimal.

Selain karena usia, seal karet juga bisa saja rusak karena terjadi guncangan. Apabila sudah ganti namun masih rembes, ada kemungkinan pemasanagan yang salah atau kurang pas sehingga mengakibatkan rembes kembali.

Untuk pemakaian sering atau berat, Yunus mengatakan seal karet ini bisa bertahan sampai 14 ribu kilometer, kembali lagi tergantung dari pemakaiannya.

Seal kruk as pada motor matik Honda biasanya berada di kisaran harga Rp 20 ribu samapai dengan Rp 30 ribuan. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pahami Masalah Rembes pada CVT Motor Matik"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved