Breaking News:

Mulai 12 April 2021, Layanan GeNose Tersedia di Bandara di Bangka Belitung, Tarif Rp 40.000

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengumumkan penumpang pesawat bisa menggunakan layanan GeNose mulai 12 April 2021.

Diskominfo Babel
Gubernur Erzaldi saat melakukan uji coba Penerapan GeNose C19 di Airport Health Center, Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Minggu (11/4/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengumumkan penumpang pesawat bisa menggunakan layanan GeNose mulai 12 April 2021 di Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang dan Bandar Udara HAS Hanandjoeddin Belitung dengan tarif Rp 40.000.

"Dengan GeNose kita cukup menghembuskan napas. Tak seperti rapid tes antigen atau tes PCR  yang mengharuskan petugas kesehatan memasukkan lidi kapas ke rongga hidung untuk mengambil sampel," kata  Erzaldi saat melakukan uji coba Penerapan GeNose C19 bertempat di Airport Health Center, Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Minggu (11/4/2021).

Disamping itu, gubernur membeberkan alasannya mendesak PT  Angkasa Pura II untuk memberikan pelayanan GeNose di bandara, yaitu karena harga tes GeNose lebih terjangkau bagi kantong masyarakat.

Hal ini tak seperti layanan pemeriksaan tes PCR dan rapid tes antigen yang lebih mahal.

"Kedua Bandara kita yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, merupakan bandara ketiga yang menerapkan layanan GeNose. Sebelumnya, Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang," jelasnya sembari berharap pelayanan ini dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi para penumpang yang menggunakan moda transportasi udara.

Ke depan, gubernur mendorong penggunaan GeNose juga diterapkan pada pelabuhan laut di Bangka Belitung, di antaranya pelabuhan Pangkal Balam, Muntok, Tanjung Pandan, Belinyu, Sadai, dan Manggar.

"Terutama Pelabuhan Muntok karena, mobilitas arus penumpang dan logistik di sana tinggi," ungkapnya.

Orang nomor satu di Babel itu juga menyempatkan menjajal alat tersebut. Dimulai dari pendaftaran menggunakan smartphone, kemudian dirinya memasuki bilik untuk menghembuskan nafas dan dimasukkan ke kantong plastik khusus yang telah disiapkan.

Setelah itu, kantong plastik berisi napas gubernur itu dimasukkan ke alat GeNose yang terkoneksi dengan laptop.

Dalam waktu kurang lebih tiga menit saja, hasilnya sudah keluar dan Erzaldi dinyatakan negatif.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved