Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Bunda Baca Bangka Tengah Ajak Tumbuhkan Minat Baca Dimulai dari Rumah  

Ditunjuk sebagai Bunda Baca Bangka Tengah (Bateng), drg Eva Pidia Lestari yang juga sebagai istri Bupati Bangka Tengah ini begitu semangat mengajak

bangkapos.com
Bunda Baca Bangka Tengah drg Eva Pidia Lestari.(bangkapos.com/Sela Agustika) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ditunjuk sebagai Bunda Baca Bangka Tengah (Bateng), drg Eva Pidia Lestari yang juga sebagai istri Bupati Bangka Tengah ini begitu semangat mengajak masyarakat untuk membudayakan minat baca.

Pasalnya di tengah profesinya sebagai dokter gigi dan kesibukannya mendampingi serta menjadi protokoler bupati, dirinya berusaha untuk selalu menyempatkan diri membaca, bahkan rutin mengajak dan mebiasakan anak-anaknya untuk membaca.

Ia mengatakan, sebagai Bunda Baca saat ini ia pun telah melakukan berbagai upaya-upaya untuk kembali meningkatkan minat baca di Bangka Tengah.

"Minat baca masyarakat seperti diketahui sekarang ini berada dititik rendah, dengan ini kita selaku bunda baca punya harapan agar orang-orang ini kembali mau membaca dengan  membuat program-program kerja kedepannya," kata drg Eva kepada Bangkapos.com, Senin (12/4/2021).

Kebiasaan membaca katanya, memang harus ditumbuhkan sejak dini. Untuk itu ia mengajak agar masyarakat ikut menerapkan budaya membaca dari Rumah.

"Program-program kerja yang akan kita terapkan salah satunya kemarin memulai membaca dari rumah. Saya dari rumah rutin membiasakan anak membaca. Memang menumbuhkan minat baca ini butuh proses, apalagi berlomba dengan teknologi saat ini, namun dengan adanya kemauan saya yakin pasti semua bisa," jelasnya.

Eva menyebutkan, cara membaca dan pilihan buku menjadi faktor yang akan mempengaruhi daya tarik baca seseorang.

"Minat baca harus dimulai dengan adanya ketertarikan dan ketika tertarik maka otomatis kita akan tertarik untuk membaca. Intinya mulai dari hak-hal kecil yang menjadi daya tarik," ujarnya.

Bahkan ia meminta kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakan untuk rutin menyediakan mobil perpustakaan keliling pada sertiap agenda-agenda di tengah masyarakat.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Budi, misalkan  nantinya di kegiatan posyandu ada mobil perpustakaan keliling yang menyediakan buku-buku sesuai kebutuhan ibu yang menunggu dan ini juga bisa diterapkan di kegiatan lainnya," katanya.

Pada akhirnya Eva berharap, seiring adanya inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakan saat ini, bisa menumbuh minat baca masyarakat di Bangka Tengah.

"Dengan adanya fasilitas dan inovasi yang dikembangkan sesuai dengan teknologi saat ini menjadi salah satu bentuk adaptasi dan upaya agar tidak ketingalan," harapnya. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved