Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Disperindag Bangka Belitung Gelar Talksow Perlindungan Konsumen, Begini Tujuannya   

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung (Babel) Sunardi, Senin (12/4/2021) menjelaskan, perilaku perdagangan pada saat ini

istimewa
Talksow Perlindungan Konsumen  yang dilaksankan oleh Satker Disperindag Babel bertujuan untuk peringatan Harkonas Tahun 2021, Senin (12/4/2021).(Ist/Disperindag) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung (Babel) Sunardi, Senin (12/4/2021) menjelaskan, perilaku perdagangan pada saat ini sudah mengalami perubahan.

Seperti transaksi yang sudah memanfaatkan sistem elektronik, diikuti perubahan sistem tersebut maka perlu didukung oleh perlindungan hak konsumen, sehingga konsumen selalu percaya kalau transaksi yang dilakukannya aman.

"Disperindag Babel secara terus menerus memperkuat perannya dalam melakukan perlindungan konsumen. Di antaranya melakukan pengawasan kegiatan perdagangan dan barang beredar atau jasa.  Kemudian, melakukan edukasi melalui daring dan iklan layanan masyarakat dan menerima pengaduan konsumen," jelas Sunardi pada Acara Peringatan Harkonas ke-9, Disperindag Babel Gelar Talksow PK, di Kantor Disperindag, Senin (12/4/2021).

Pada hari konsumen itu, ia berharap dapat menjadi pengingat sekaligus memperkuat kedudukan konsumen sebagai penentu peningkatan ekonomi Nasional. 

"Sehingga dengan tercapainya konsumen yang berdaya maka akan memulihkan ekonomi bangsa di masa pandemi Covid-19," lanjutnya.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Fadjri Djagahitam pada kesempatan yang sama, Senin (12/4/2021) menambahkan, talksow perlidungan konsumen ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat selaku konsumen betapa pentingnya memahami hak-hak konsumen.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran kepada konsumen untuk melakukan pengaduan ataupun melaporkan apabila terjadi pelanggaran yang terjadi terkait dengan barang/jasa yang beredar sehingga hak-hak mereka sebagai konsumen dapat terlindungi.

"Diharapkan dari para pelaku usaha dapat termotivasi untuk lebih meningkatkan lagi kualitas produk dan layanannya sehingga produk atau barang hasil negeri sendiri. Nantinya mampu bersaing di pasar global, dengan begitu slogan konsumen cerdas dan pelaku usaha tertib menjadi tercapai," ujarnya.

Sementara itu, Talksow Perlindungan Konsumen  yang dilaksankan oleh Satker Disperindag Babel bertujuan untuk peringatan Harkonas Tahun 2021 agar berjalan dengan lancar, efektif dan efesien.(Bangkapos.com/Riki Pratama)


Penulis: Riki Pratama
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved