Breaking News:

Ramadhan 2021

Jadi Tantangan Sulit, Ini Penjelasan Puasa bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan secara teratur. Karena itu, puasa dapat menjadi tantangan sulit bagi mereka.

(freepik)
Ilustrasi diabetes 

BANGKAPOS.COM - Selama berpuasa, kita akan merasakan jeda waktu yang relatif lama dari sahur hingga berbuka. Hal ini tentu bukan masalah bagi orang yang sehat.

Tapi bagaimana dengan orang yang memiliki penyakit diabetes?

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan secara teratur. Karena itu, puasa dapat menjadi tantangan sulit bagi mereka.

Namun jika dilakukan secara tepat dan berkonsultasi dengan dokter, puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi penderita diabetes. Yaitu:

1. Menjaga kadar glukosa tetap stabil
Orang yang mengalami penyakit diabetes memiliki pola makan yang lebih terjaga, dan asupan kalori tidak jauh berbeda ketika berpuasa.

Ketika sudah berpuasa selama delapan jam, tubuh akan mengalami perubahan. Perubahan yang terbesar adalah ketika penderita diabetes menggunakan dan mengolah energi.

Tubuh akan menggunakan glukosa sebagai energi utama. Ketika gula habis, tubuh mulai memecah cadangan lemak untuk dijadikan energi.

Jika lemak terus-menerus digunakan, kemungkinan berat badan kita bisa menurun. Penurunan berat badan ini bisa memengaruhi kerja tubuh dalam mengatur kadar gula darah, kolesterol, hingga tekanan darah.

Alhasil, puasa akan membantu mengatur peningkatan kadar glukosa dan insulin di dalam tubuh seseorang yang menderita diabetes.

2. Menurunkan kolesterol
Puasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein cholesterol (LDL).

Halaman
1234
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved