Breaking News:

Melati Erzaldi Kenalkan Cemilan Kesukaan Bung Karno, Ketum Gekraf Terkesan Kuliner Muntok

Panganan Pelite cemilan kesukaan Bung Karno, adalah kue khas Muntok," ungkap Melati Erzaldi, Ketua Dewan

Melati Erzaldi Kenalkan Cemilan Kesukaan Bung Karno, Ketum Gekraf Terkesan Kuliner Muntok
Diskominfo Babel
Panganan Pelite kue khas Muntok

BANGKAPOS.COM - Seribu macam makanan kecil atau kue jajanan pasar merupakan bentuk ekonomi kreatif yang diturunkan ibu-ibu sejak zaman dulu hingga saat ini di Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

"Panganan Pelite cemilan kesukaan Bung Karno, adalah kue khas Muntok," ungkap Melati Erzaldi, Ketua Dewan Pembina (KDP) Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekraft) Kepulaun Bangka Belitung yang baru dijabatnya sejak 10 April 2021.

Hal itu menurut Ketua Melati Erzaldi merupakan salah bukti bahwa ekonomi kreatif Babel yang sudah terbentuk sejak zaman dulu.

Dalam bentuk lain, Kain Tenun Cual berbentuk songket dan selendang sebagai fashion Babel dimiliki Bangka Barat sejak ratusan tahun lalu.

"Harapan saya, Bangka Belitung dengan segala macam potensialnya dapat bersama-sama membangun ekonomi kreatifnya," ajaknya kepada anggota Gekrafs yang bersamaan dengannya dilantik di Bukit Menumbing, Minggu (11/4/2021).

Gerakan ini harus mampu memberikan peran dalam menggerakan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif bukan hal baru, sejak zaman dulu Bangka Barat sudah memiliki kreativitas kuliner yang dikenal sebagai kota dengan ragam kue enak.

Sebagai Dewan Pembina, Ketua Melati Erzaldi menyatakan, akan terus mendampingi dan yakin bahwa semua stakeholder seperti pemerintah pun akan mendukung, terlebih Ketua Erzaldi Rosman yang merupakan suami dan orang nomor satu di Babel.

"Habis Kata-Kata Saya," ungkap Ketua Umum Gekraf Kawendra Lukistian ketika ditanyai tanggapannya tentang kuliner Bangka Barat, khususnya produk makanan khas Muntok.

"Karena makanannya enak, dan bumbunya pekat," ungkapnya.

Usai melantik kepengurusan Gekrafs Babel, Kak Kawe, begitu sapaan akrabnya, berkesempatan mencicipi makanan-makanan khas Muntok di beberapa tempat makan yang sempat dikunjunginya di Bangka Barat.

Kak Kawe yang menyukai makanan yang berbumbu pekat, secara pribadi mengaku merasa cocok dengan kuliner di Muntok.

Halaman
12
Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved