Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Rukyatul Hilal Ramadhan 1442 di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan, Tinggi Hilal di Atas 3 Derajat

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rukyatul hilal dalam menentukan 1 Ramadhan 1442 H

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Saat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rukyatul hilal di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Senin (12/4/2021) sore 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rukyatul hilal dalam menentukan 1 Ramadhan 1442 H sekaligus awal mula pelaksanaan Puasa Ramadhan bagi umat muslim.

Seperti tahun sebelumya, kegiatan rukyatul hilal tahun 2021 ini dilaksana.kan di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Senin (12/4/2021) sore.

Di lokasi dekat pantai itu, ada alat bantu tersedia yang diarahkan ke atas langit untuk melihat tinggi hilal.

Terlihat dua teropong berwarna putih dipadukan hitam dan putih dipadukan warna merah muda serta ada satu theodeolite berwarna kuning yang disusun berjeret dalam kegiatan ini.

Ketua Pelaksanan Rukyatul Hilal Kemenag Babel, Iwan Setiawan dalam sambutannya mengatakan kegiatan penentuan awal ramadhan ini dilaksanakan selama satu hari.

"Tim tenaga rukyatul ini terdiri dari Kanwil Kemenag Babel, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Pengadilan Tinggi Agama dan Badan Hisab Rukyat Babel.

Kami harap penentuan awal ramadhan bisa berjalan dengan baik, dapat berjalan sesuai yang kita harapkan bersama tanpa menimbulkan persoalan atau gesekan masyarakat," kata Iwan.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Babel diwakili oleh Kabid Bimas Islam, H Abdul Aziz membuka langsung kegiatan penentuan bulan Ramadhan 1442 H.

"Tadi sudah ada satu yang terlihat katanya di Lamongan, di kita sendiri memang belum tetapi berdasarkan hisab itu sudah diatas tiga derajat. InsyaAllah sudah biasa mulai puasa besok dan terawih malam ini, tetapi kita tetap menunggu hasil sidang isbat," kata Abdul Aziz.

Dari kegiatan rukyatul hilal ini bahwa tinggi hilal mar'i +3 derajat 28 menit 0,54 detik dengan posisi hilal 1 derajat 44 menit 53,17 detik (sebelah selatan matahari) dan cahaya hilal 0,21 persen.

"Secara data astronomi, umur hilal sudah masuk karena sudah konjungsi pada jam 09.00 WIB pagi tadi, matahari disusul perlahan-lahan, hilal sudah diatas ufuk, dan di wilayah Bangka rata-rata begitu. Namun elongasi masih kecil, tetapi secara keseluruhan di daerah Indonesia, tinggi hilal mulai dua derajat setengah dan hampir mendekati empat derajat. Umurnya pun cukup tinggi karena sudah 8 jam," jelas Tim Ahli Badan Hisab Rukyat Provinsi Bangka Belitung, Ahmad Fadholi

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji ikut berpartisipasi dalam hal membantu mengamati hilal setiap tahun.

"Kalau hasil BMKG, tinggi hilal sudah 3 derajat 30 menit 12 detik, artinya sudah memasuki bulan Ramadhan," kata Kurniaji.

Selain itu, kegiatan rukyatul hilal biasa dilakukan tiga kali dalam setahun untuk penentuan 1 Ramadhan, 1 Syawal dan 1 Dzulhijah untuk persipaan Hari Raya Idul Adha.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved