Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Skala Prioritas Dukung Penanganan Banjir, DPRD: Manfaatkan Anggaran Terbatas Secara Baik  

Dalam hal pendanaan penanganan Covid-19 dan belanja prioritas, pemerintah melakukan realokasi dan refocusing  dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi

bangkapos.com
Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Rosdiansyah Rasyid/Andini Dwi Hasanah 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dalam hal pendanaan penanganan Covid-19 dan belanja prioritas, pemerintah melakukan realokasi dan refocusing  dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH) yang digunakan untuk pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Pangkalpinang, Rosdiansyah Rasyid, Senin (12/420212) mengatakan, otomatis jika dana DAU berkurang, anggaran organisasi perangkat daerah (OPD) juga sudah pasti berkuramg.

Sehingga ia meminta agar pihak pemerintah kota tetap cermat dalam menggunakan anggaran, menempatkan mana yang lebih prioritas dilaksanakan.

"Mengutamakan belanja pada skala prioritas, fokus pada yang esensial, guna hal-hal yang penting skala prioritas bisa dijalankan dengan baik intinya," kata Dian, sapaan akrab Rosdiansyah kepada Bangkapos.com, hari ini.

Menurutnya, berdasarkan visi dan misi Wali Kota untuk Tahun 2021 yang menjadi kegiatan skala prioritas tetap penanganan banjir di Kota Pangkalpinang.

Sehingga skala  prioritas dalam penggunaan anggaran juga dapat dilaksanakan dan hal ini penting untuk pembangunan daerah.

"Konsolidasi anggaran itu betul-betul harus kita lakukan, apalagi di tengah anggaran kita yang terbatas seperti sekarang ini, kami di DPRD juga kena refocusing sama juga. Jadi kami berharap setiap OPD dapat memaksimalkan anggaran terbatas ini. Dan kami dukung Wali Kota yang prioritaskan penanganan banjir skala prioritas fokuskan disana," katanya.

Dia berharap, apa yang direncanakan pihak pemerintah kota skala prioritas dapat dilaksanakan secara baik meskipun keterbatasan anggaran.

"Kalau prioritasnya banjir fokuskan kesitu, meskipun dengan minimnya anggaran bisa maksimal lah yang kita prioritaskan itu. Jadi yang tidak-tidak penting pastinya sudah diminimkan lah jadi yang prioritas bisa terlaksana dengan baik," ujarnya.

Hal tersebut kata Dian, dilaksanakan guna mendukung penanganan Pandemi Covid-19 melalui penyediaan anggaran yang disesuaikan pada kebutuhan masing-masing kelurahan juga termasuk insentif tenaga kesehatan daerah dan belanja kesehatan lainnya termasuk kegiatan prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Ke depannya kita harus terus bersinergi, digital wajib kita gaungkan di seluruh wilayah karena digital ini sangat membantu sekali untuk memaksimalkan pencapaian kita," harap Dian. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved