Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BMKG Pangkalpinang Prediksi Cuaca Saat Bulan Puasa, Imbau Jangan Berteduh Dekat Pohon saat Hujan

Kita bisa melihat juga angin cenderung lemah, ketika kondisi seperti itu dan udara basah semakin kuat maka besar potensi terjadi hujan di daerah kita

Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
ILUSTRASI--Petugas kepolisian saat mengatur lalu lintas akibat adanya pohon tumbang di Jalan Raya menuju Kawasan Perkantoran Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (04/03/2021) sore. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji memprediksikan pada bulan ramadhan masih dalam kondisi musim penghujan.

"Posisi kita masih pada musim penghujan, namun uniknya di tahun ini, pada bulan ramadhan karena dari beberapa minggu terakhir itu terjadi penguatan aliran udara basah dari Asia ke Australi.

Kita bisa melihat juga angin cenderung lemah, ketika kondisi seperti itu dan udara basah semakin kuat maka besar potensi terjadi hujan di daerah kita," ujar Kurniaji, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Hukum Menggosok Gigi dan Berkumur saat Puasa Ramadhan, Begini Penjelasannya

Lebih lanjut, ia menerangkan kondisi hujan di bulan ramadhan tidak akan ekstrem seperti pada musim puncak penghujan.

"Namun akhir April, sampai Mei dan Juni akan masuk pancaroba, kondisi cuaca akan tidak menentu dibandingkan saat ini. Jadi dari awal sampai awal Juni tetap pada musim penghujan.

Hujan terjadi kemungkinan siang dan sore, dilanjutkan malam sampai dini hari, pagi-pagi cenderung basah tanah, tapi nanti sempat panas lagi namun tidak ada potensi hujan lebat," kata Kurniaji.

Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, masyarakat perlu mewaspadai karena menurut prediksi BMKG Pangkalpinang masih berpotensi terjadi angin kencang.

"Akhir April sampai Juni Awal masih berpotensi angin kencang, karena pembentukan awan-awan semakin tinggi saat ini. Yang pasti kami sudah mengimbau kepada dinas terkait untuk memperhatikan pohon-pohon karena sempat tumbang kemarin. Diharapkan masyarakat tidak berteduh di pohon ketika hujan lebat," saran Kurniaji.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved