Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BST Kemensos RI 13 dan 14 Mulai Disalurkan, 23.782 KK di Babel Menjadi Penerima Manfaat

Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI masa bayar 3-4 tahun 2021 sebesar Rp300 ribu mulai disalurkan oleh Kantor Pos Indonesia Pangkalpinang

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: khamelia
Ist Azmat
Petugas Kantor Pos Pangkalpinang sedang menyalurkan BST di loket kantor pos cabang Parittiga, Kabupaten Bangka Barat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI masa bayar 3-4 tahun 2021 sebesar Rp300 ribu mulai disalurkan oleh Kantor Pos Indonesia Pangkalpinang sejak, Senin (12/4/2021) kemarin.

Berbeda dengan tahap-tahap sebelumnya, kali ini keluarga penerima manfaat (KPM) mendapat bantuan sebesar Rp 600 ribu. Karena pada bulan ini dibayarkan 2 tahap sekaligus yang disalurkan yaitu tahap 3 dan 4 tahun 2021. Besaran bantuan per tahap adalah Rp 300 ribu.

Kepala Kantor Pos Pangkalpinang Azmat Nuzul Pasa menyebutkan tidak ada persyaratan yang berubah dari tahap-tahap sebelumnya.

KPM cukup membawa bukti diri berupa KTP, KK asli beserta fotokopi dan dapat diwakilkan anggota keluarga yang tertera dalam satu kartu keluarga (KK). 

Kata Azmat, alokasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tahap 3 dan 4 kali ini adalah 23.782 KPM untuk Provinsi Bangka Belitung.

"Untuk sementara alokasi di pulau Bangka sebanyak 17.612 KPM dan untuk pulau Belitung 6.170 KPM. Apakah nanti ada penambahan atau tidak masih menunggu dari Kemensos RI dan satgas pusat, untuk sementara seperti itu," ungkap Azmat kepada Bangkapos.com, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, ada 4 cara penyaluran BST yang disediakan oleh Kantor Pos Pangkalpinang dalam menyalurkan BST yaitu penyaluran di Kantor Pos terdekat, Komunitas (Kecamatan dan Desa), door to door untuk disabilitas dan lansia serta dengan transfer ke rekening Pos Pay masing-masing KPM yang sudah menginstall aplikasi Pos Pay melalui playstore atau i-store. 

"Untuk penyaluran tidak berbeda, kita tetap melakukan empar cara yaitu di Kantor pos terdekat, komunitas, door to door dan transfer ke rekening Pos Pay. Hanya saja layanan di Kantor Pos Pangkalpinang yang sebelumnya kita buka hingga pukul 20.00 WIB khusus selama bulan ramadhan ini kita batasi sampai dengan pukul 18.00 WIB," jelasnya.

Diakui Azmat memang ada keterlambatan penyaluran BST Kemesos RI tahap 13 sebab ada pencocokan data NIK KTP yang invalid beberapa waktu lalu.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved