Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Lauching Aplikasi Sinar, Sekarang Perpanjang dan Buat SIM Baru Bisa Di Mana Saja

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Anang Syarif Hidayat beserta Forkopimda, menyaksikan launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar).

Bangkapos.com/Anthoni Ramli
Kapolda Babel Irjen Anang Syarif Hidayat usai menghadiri zoom meting launching Aplikasi Sinar, Selasa (13/4/2021) di Polda Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Anang Syarif Hidayat beserta Forkopimda, menyaksikan launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) secara zoom meeting, di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung, Selasa (13/4/2021) sore.

Lauching Aplikasi Sinar, dihadiri ketua DPRD Babel,  Herman Suhadi, Kajati I Made Suarnawan, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI M Jangkung, Dirlantas Kombes Pol Hindarsono, Kabid Humas Kombes Pol Maladi, Kasubdit Regident AKBP Indra,  para Kapolres, dan Kasat Lantas Polres jajaran.

Anang, menyebut launching aplikasi Sinar ini, sebagai upaya Polri memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat pada program 100 hari kerja Kapolri, Jenderal
Listyo Sigit Prabowo.

"Jadi dari launching ini polri berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat,  khusus nya pak kapolri dalam program 100 kerjanya banyak program program yang diluncurkan termasuk SIM online ini," jelas Anang

Melalui program ini kata Anang, seluruh masyarakat indonesia dapat bisa memperpanjang dan membuat SIM A dan C mereka di mana saja. 

"Intinya saat ini masyarakat bisa meperoleh sim melalui online. Dari apliksi tersebut pemohon mengisi data data, kemudian kuisioner juga dijawab disitu,  tinggal nanti dia menuju ke sehatan, untuk cek kesehatan karena harus datang langsung ke masing masing satpas," bebernya.

Sementara untuk dokter dan klinik, disesuaikan dengan lokasi pemohon berada. Begitu juga dengan tes psikologi.

"Kecuali ujian praktek ini masih datang langsung namun secara administratif susah sangat mudah karena tidak perlu antri panjang panjang, dan berlama nunggu," kata Anang.

Begitu juga dengan, proses pembayaran, melalui bank yang ditunjuk yakni BNI. D imana biaya tarif perpanjang SIM 75.000, sementara untuk cetak baru dikenakan tarif Rp 100.000.

"Intinya semua bisa dilakukan di mana saja, tinggal kita menuju poin poin tertentu,  tidak perlu antri, capek-capek dan yang jelas tidak ada pungli," tegas Anang.

(Bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved