Breaking News:

Menteri Tjahjo Kumolo Bikin Pelamar Tugas Belajar Kemenkes Menangis

Cinta pada negara tetapi negara nggak, perasaan itu muncul setelah ia membaca surat Pemberitahuan Batas Usia Tugas Belajar.

Penulis: Teddy Malaka (CC) | Editor: Teddy Malaka
Kompas.com
Menpan RB Tjahjo Kumolo 

BANGKAPOS.COM -- Anita sudah tahu rasanya bertepuk sebelah tangan. Cinta pada negara tetapi negara nggak, perasaan itu muncul setelah ia membaca surat Pemberitahuan Batas Usia Tugas Belajar.

Surat itu begitu mengejutkan, karena baru dikeluarkan pada 5 April 2021, di saat para calon pelamar sudah berbulan-bulan menjalani proses pendaftaran. Secara mengejutkan ada surat pemperitahuan batasan umur Tubel.

Surat Pemberitahuan Batas Umur itu keluar setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menjawab usulan permohonan perpanjangan batas usia tugas belajar bagi SDM Kesehatan.

Usulan perpanjangan itu ditolak, sehingga aturan usia batas usia Tugas Belajar kembali pada Surat Edaran Kemenpan RB tahun 2013 tentang pemberian tugas dan izin belajar.

Anita yang merupakan pelamar Tubel Kemenkes 2021 mengungkapkan rasa kecewanya. Pasalnya soal batas usia menjadi kendalanya untuk melanjutkan pendidikan, karena untuk D-III melajutkan ke S-1 atau D-IV, maksimal usia 25 tahun.

"Kenapa aturan jadi berubah, bukannya tiap orang berhak atas pendidikan ya. Kenapa dibatasi," kata Anita kepada bangkapos.com.

Anita merupakan pelamar Tubel Kemenkes untuk alih jenjang D-IV. Ia mendaftar di sebuah politeknik kesehatan jurusan Laboratorium Medis.

Pada proses Tubel Kemenkes, Anita telah lulus di tahapan penjaringan tingkat provinsi dan lulus tahapan seleksi akademik.

Anita yang banyak terlibat tracking Covid-19 merasa dirinya perlu meningkatkan kapasitasnya sebagai ASN di bidang Analis Kesehatan, lalu Tubel menjadi pilihannya.

BACA - Kisah Tentang Beratnya Kerja Pencari Jejak Covid-19, Alami Dehidrasi hingga Menahan Pingsan

Tim Pengambil Sampel Covid-19 Bangka Belitung menumpang crane untuk naik ke kapal tanker di Perairan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, Minggu (2/5/2020).
Anita saat tergabung dalam Tim Pengambil Sampel Covid-19 Bangka Belitung menumpang crane untuk naik ke kapal tanker di Perairan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, Minggu (2/5/2020). (Dok Istimewa Anita Prides)

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved