Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Perpanjangan SIM Bisa Online, Wakapolres Bangka Tengah: Terobosan Baru Permudah Layanan Masyarakat

Kehadiran aplikasi SIM online Nasional Presisi (Sinar) ini menjadi transformasi baru untuk memudahkan pengusuran Surat Izin Mengemudi (SIM).

(Bangkapos.com/Sela Agustika)
Jajaran Polres Bangka Tengah bersama Kepala Satuan Lalu Lintas Bangka Tengah dan Wakil Bupati Bangka Tengah saat menyaksikan langsung launching aplikasi SIM Online Nasional Presisi (Sinar) di aula Rupatan Polres Bangka Tengah, Selasa (13/4/2021). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Wakapolres Bangka Tengah bersama jajaran Polres Bangka Tengah, Kepala Satuan Lalu Lintas Bangka Tengah dan Wakil Bupati Bangka Tengah menyaksikan launching aplikasi SIM Online Nasional Presisi (Sinar) di aula Rupatan Polres Bangka Tengah, Selasa (13/4/2021).

Kehadiran aplikasi SIM online Nasional Presisi (Sinar) ini menjadi transformasi baru untuk memudahkan pengusuran Surat Izin Mengemudi (SIM).

Wakapolres Bangka Tengah, Kompol Hasbi Jr menyampaikan bahwa Aplikasi Sinar ini menjadi trobosan baru yang dilakukan Kapolri untuk mempermudah pelayanan masyarakat dan sekaligus menjadi solusi untuk menghindari masalah teknis yang tidak diinginkan.

"Terima kasih kepada Mabes Polri yang terus berinovasi dan meresmikan langsung SIM Nasional Presisi (Sinar) oleh bapak Kapolri. Tentunya ini menjadi terobosan baru dalam pembuatan dan perpanjangan SIM dan juga menjadai solusi untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk menggunakan akses SIM online Nasional Presisi (Sinar) ini cukup dengan cara yang mudah, yakni dengan men-download aplikasi khusus pembuatan dan perpanjangan SIM online SIM Nasional Presisi (Sinar) di playstore.

"Jadi cukup download aplikasi SIM online ini dan sejak launching ini sudah bisa digunakan oleh masyatakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kasat Lantas Polres Bangka Tengah, Iptu Ellen mengatakan saat ini aplikasi tersebut hanya bisa dimanfaatkan masyarakat, khusus dalam untuk perpanjangan SIM.

"Untuk saat ini hanya bisa digunakan untuk perpanjangan saja dengan download langsung aplikasi di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.qoin.korlantas.user dan bisa langsung mengisi identitas dan foto diri sesuai prosedurnya,"jelas Iptu Ellen kepada Awak Media, Selasa (13/4/2021).

Ia mengatakan, dengan adanyan layanan SIM online ini masyarakat tidak perlu datang langsung ke kantor dan bisa memperpanjang langsung SIM di mana pun menggunakan handphone.

"Untuk penyelesaiannya SIM ini estimasinya satu hari sudah selesai kalau jaringan normal. Dan untuk biaya tetap dikenalan tarif sesuai PNBP dan biaya kirim langsung masuk ke rekening khusus yang kita buat sehingga langsung ke Negara,"kata Iptu Ellen.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian mengapresiasi trobosan baru yang dilakukan Kapolri.

"Inovasi dan trobosan ini sebagai bukti dari bapak Kapolri untuk bertansformasi terhadap pelayanan publik. Dan ini menjadi bukti bahwa apa yang menjadi janji Kapolri melalui layanan SIM Sinar ini akan memberi kemudahan kepada masyarakat," ujar Erfian.

Dia juga menilai adanya transformasi pada layanan SIM Nasional Presisi (Sinar) ini bisa mempermudah masyarakat dalam perpanjangan SIM.

"Kondisi pandemi saat ini dan dengan kemajuan teknologi informasi yang ada, tentunya bisa mempermudah masyarakat, tanpa harus ke kantor karena semua tes bisa dilakukan melalui hp dan ini trobosa luar biasa," tuturnya.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved