Breaking News:

Berita Bangka Barat

BLT UMKM 2021 Rp1,2 Juta, Pendaftar Lama Tak Perlu Daftar Lagi  

Kabid Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat (Babar), Aad Tirta Fujaka, Rabu (14/04/2021) mengatakan

bangkapos.com
Kabid Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Aad Tirta Fujaka. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Kabid Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat (Babar), Aad Tirta Fujaka, Rabu (14/04/2021) mengatakan, pendaftar lama tak perlu lagi mendaftar untuk Program bantuan produktif usaha mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) UMKM.

"Data itu kami kirimkan ke Kementerian jadi untuk penerima, bahkan termasuk yang sudah kami kirim pada 2020 sebanyak 17 ribu pendaftar gak perlu lagi mendaftarkan. Untuk yang mendaftar itu para usaha UMKM yang belum mendaftarkan sebelumnya, atau belum terdata oleh kami," ujar Jaka.

Namun terkait penerimaan BPUM, Jaka mengatakan, hasil tersebut merupakan keputusan Kementerian Koperasi dan UKM.

"Tetap semua itu menjadi pendaftar baru, jadi bisa yang lama itu bisa dapat lagi tapi bisa juga tidak dapat. Kami ini sebenarnya dilema,  jadi tergantung kementerian yang verifikasi siapa yang akan diberikan," tegasnya.

"Untuk diinformasikan kepada masyarakat artinya hasil rapat dulu dengan Provinsi yang cair itu sekitar 5 ribu orang, sedangkan data kita 17 ribu lebih. Artinya ada 12 ribu yang gak dapat, kalau di data ulang kami khawatir nanti malah ribut," tambahnya.

Lebih lanjut terkait jumlah penerimaan kali ini, berbeda dengan jumlah yang didapatkan pada 2020. Diketahui saat ini untuk para penerima BPUM, akan mendapatkan Rp1,2 juta dari sebelumnya Rp2,4 juta.

"Itu kebijakan pemerintah harapannya keinginan dana itu digunakan, untuk para UMKM segera dipergunakan. Jangan mandek di bank atau di pendem, tapi harus di modalkan untuk usaha mereka jadi perputaran ekonomi tetap berjalan," katanya. 

Sementara itu untuk pendaftaran BPUM di Kabupaten Bangka Barat, dapat dilakukan dengan mendaftarkan ke Kelurahan disetiap desa-desa hingga September 2021.

"Persyaratan foto KTP, KK, Surat Keterangan Usaha, lalu bukan PNS, TNI, Polri. Lalu tidak sedang mendapatkan KUR, jadi kalau BLT lain boleh asalkan jangan KUR. Lalu dalam satu KK, maksimal dua pelaku usaha," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved