Breaking News:

Otomotif

Kualitas BBM Bisa Menurun Jika Mobil Jarang Digunakan

Ada anggapan yang mengatakan bahwa kendaraan yang terlalu lama tidak digunakan bisa membuat bensin di dalam tangki menjadi basi atau kedaluwarsa.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Mobil parkir di pinggir jalan 

BANGKAPOS.COM - Imbas dari Covid-19 yang masih merebak, membuat beberapa kantor atau perusahaan masih menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Situasi ini tentunya membuat intensitas dalam menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil akan berkurang bahkan jarang digunakan.

Apalagi ditambah dengan adanya aturan larangan mudik dari pemerintah. Pada akhirnya, kendaraan kesayangan hanya akan pakir di garasi untuk waktu yang cukup lama.

Ada anggapan yang mengatakan bahwa kendaraan yang terlalu lama tidak digunakan bisa membuat bensin di dalam tangki menjadi basi atau kedaluwarsa.

Lantas, apakah hal tersebut benar?

Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka Paimin mengatakan, bensin yang didiamkan terlalu lama sebenarnya tidak akan mengalami kedaluwarsa, hanya saja kualitasnya akan menurun.

"Karakter Bahan Bakar Minyak (BBM) sendiri itu memiliki kandungan oktan, yang jika diendapkan terlalu lama akan membuat kadar oktan menurun," ujar Paimin saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/04/2021).

Akibatnya, mobil tidak akan bisa menghasilkan tenaga seperti pada saat baru melakukan pengisian bahan bakar, walaupun masih bisa berjalan seperti biasa.

"Biasanya perubahan ini terjadi jika mobil tidak dinyalakan dalam waktu 2 sampai 3 bulan, namun untuk berapa banyak kadar oktan yang berkurang harus dilakukan riset lebih lanjut," kata Paimin.

Komentar serupa juga diungkapkan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi.

Menurut Didi, meskipun mobil diam dalam waktu yang lama, bensin tidak akan basi atau kedaluwarsa.

"Memang mobil yang bertahun-tahun tidak dinyalakan saat buka tutup tanki bensin baunya akan berbeda, seperti bau tengik. Ini terjadi karena kondensasi penguapan dalam tangki yang dapat menyebabkan bensin bercampur dengan air kondensasi tersebut. Namun, kendaraan tetap masih bisa berjalan," kata Didi. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Jarang Digunakan, Apakah Bensin di Tangki Bisa Basi"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved