Breaking News:

Berita Pangkalpinang

PT Sucofindo Bersuara Soal Kadar Zirkon, Klaim Milik PT CAL Berkadar 65,5 Persen

Pihak Sucofindo, akhirnya buka suara soal hasil verifikasi kadar zirkon PT CAL yang batal ekspor dan masih tertahan di Pelabuhan Pangkalbalam.

Bangkapos.com/Yuranda
Petugas Indonesia Port Corporation (IPC) Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung, membongkar karung yang berisi Zirkon di dalam depan kontainer, di Pelabuhan Pangkalbalam, Minggu (4/4/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pihak Sucofindo, akhirnya buka suara soal hasil verifikasi kadar zirkon PT CAL yang batal ekspor dan masih tertahan di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang.

Sebelumnya, Raffly perwakilan Sucofindo, sempat merahasiakan kadar zirkon milik PT CAL Tersebut. Namun kala itu, dirinya menegaskan zirkor milik PT CAL tersebut layak ekspor.

Hal tersebut disampaikan Raffly, bersamaan dengan penahanan dan pembongkaran 200 ton zirkon milik PT CAL di Pelabuhan Pangkalbalam, Sabtu (3/4/2021) lalu.

Tak hanya Sucofindo, pihak bea cukai juga sebelumnya sempat merahasiakan kadar zirkon yang tertahan tersebut.

Namun, Jumat (9/4/2021) lalu,  Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Pangkalpinang, Yetti Yulitanti, juga besuara.

Dia menyebut, berdasarkan dokumen yang diupload di aplikasi sistem Indonesia Nasional Singel Window (INSW) kadar Zirkon yang bakal diekpor ke Cina tersebut diangka 65,5 persen.

Sebelumnya, pihak bea cukai melalui Humasnya Suharyanto, sempat merahasiakan kadar tersebut.

Dia hanya menyebut, proses ekspor zirkon PT CAL mengacu pada regulasi yang ada di Permendag 96 tahun 2019 yakni dengan kadar minimum 65,5 persen.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman, meminta delapan kontainer bermuatan 200 ton zirkon milik PT CAL diturunkan, menyusul indikasi kadar zirkon yang diekspor di bawah ketentuan Perda Provinsi Bangka Belitung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Mineral Ikutan dan Produk Samping Timah.

Raffly, menyebut zirkon milik PT CAL tersebut berkadar 65,5 persen. Angka tersebut diperoleh dari gabungan (Zr02 + Hf02).

Halaman
12
Penulis: Antoni Ramli
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved