Breaking News:

Berita Pangkalpinang

PT Sucofindo Pastikan Belum Ada Rare Earth Kadar Tinggi yang ke Luar Bangka Belitung

Rare earth atau logam tanah jarang adalah logam mineral yang bernilai sangat tinggi serta banyak ditemukan di Bangka Belitung dan Kalimantan.

Wikimedia via Tribunnewswiki.com
Memahami Apa Itu Zirkon, Mineral di Bangka Belitung yang Pengirimannya ke China Menuai Polemik - Zirkon adalah batu mineral dengan beberapa macam warna. Dengan rumus kimia ZrSiO4 (zirkonium silikat), bobot jenis 4-4,8, kekerasan 7-7,5, mempunyai kemampuan mendispersikan cahaya sehingga kelihatan berkilauan yang hanya kalah dari kilauan intan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Raffly perwakilan kantor PT Sucofindo Babel sepakat dengan Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investasi yang ingin menata ekspor
Rare earth atau Logam Tanah Jarang (LTJ).

Namun jika berbicara kapasitas sebagai Surveyor, Raffly memastikan pihaknya bekerja sesuai regulasi yang ada. 

" Saya setuju dengan statemen pak luhut, soal gak boleh ada terkait penjualan ilegal untuk rare earth. Tapi saya berkomentar sebagai surveyor,  kami melakukan pengujian bedasarkan regulasi yang ada," kata Raffly di kantornya, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Modal Rp 5 Juta Amin Sukses Kembangkan Ternak Ayam Kampung Baper (Bangka Super) Ramah Lingkungan

Namun jika ditanya soal potensi rare earth, agar tidak keluar begitu saja lantaran memiliki harga dan nilai jual yang cukup tinggi, Raffly memastikan belum ada.

Sebab, kata Raffly sampai saat ini belum ada rare earth berkadar tinggi yang dijual keluar.

" Terus kalau dibilang kita harus menjaga nilai nilai rare earth yang memang gak boleh dikeluarkan karena memang itu sebagai mineral yang berharga dan nilai jualnya tinggi, memang sampai sekarang rare earth gak boleh dijual keluar dengan kadar yang tinggi," kata Raffly.

Namun, Raffly tak menampik jika dalam setiap kandungan rare earth mengandung mineral ikutan zirkon berkadar rendah.

"  Sekarang rare earth yang ada pada zirkon ini memang ada, akan tetapi kadarnya rendah," pungkasnya.

Babel juga menyimpan banyak potensi serta kandungan rare earth. Namun komposisi di masing masing mineral utamanya berbeda. Ada yang tinggi dan besar.

" Sekarang yang menjadi acuannya dimana yang kategori tinggi mana yang rendah. Jadi Inikan ranah ESDM merumuskan itu,  mungkin apakah nanti regulasinya akan diupdate atau seperti apa," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved