Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Larangan Mudik Lebaran, KSOP Pangkalbalam Awasi Pelabuhan, Antisipasi Penumpang Gelap

Kantor Kesyahbandaran Otoritas (KSOP) Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung menanggapi larangan mudik lebaran.

Bangkapos.com/Yuranda
Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut, KSOP Pangkalbalam, Ferdiansyah 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kantor Kesyahbandaran Otoritas (KSOP) Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung menanggapi larangan mudik lebaran, yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 akan melakukan pengendalian penumpang menjelang hari raya Idul Fitri 1442 hijrah.

"Mungkin nanti ada pengendalian untuk mudik 2021 ini. Sesuai dengan informasi terakhir dari pemerintah pusat, bahwa nanti semua moda transportasi umum yang khusus mengangkut penumpang, akan dilakukan pembatasan," kata Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut, KSOP Pangkalbalam, Ferdiansyah, kepada Bangkapos.com, di ruang kerjanya, Kamis (15/4/2021) sore.

Menurutnya, pembatasan tersebut berdasarkan periode tertentu, kemudian khusus moda transportasi umum laut yang digunakan pengangkutan logistik tetap beroperasi, dengan pengawasan tertentu.

Pengawasan tersebut dilakukan, guna mengantisipasi penumpang gelap, yang bekat berpergian menjelang hari raya Idul Fitri.

Ferdiansyah mengatakan,  jika ditemukan ada penumpang yang menyusup pada kapal yang mengangkut logistik, maka sanksi yang diterapkan kepada penumpang tersebut mengacu pada protokol kesehatan Covid-19.

"Nantinya kita juga berkoordinasi dengan gugus Covid-19 daerah dan instansi terkait. Tentunya ada semacam sanksi khusus yang disiapkan oleh pemerintah, terkait hal tersebut," ucapnya

Namun dalam hal ini, tambahnya, pemerintah juga mengimbau tidak melakukan perjalanan mudik, karena meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Otomotis sanksi yang diterapkan mungkin sanksi pelanggaran Covid-19, ya tentunya tim gugus Covid-19 yang berhak memberikan sanksi itu," ungkap Ferdiansyah.

Ia berharap kepada masyarakat, agar tidak melakukan perjalanan mudik. Karena tujuan pemerintah juga jelas untuk menyecegah penyebaran Covid-19.

"Ayo kita sama sama berperan aktif dan berpartisipasi seluruh kalangan baik masyarakat, ASN dan TNI Polri agar tidak mudik tahun ini," ajaknya

Pengawasan pelabuhan akan dilakukan dalam waktu dekat, pelabuhan yang dilakukan pengawasan diantaranya, Pelabuhan Pangkalbalam yang melayani perjalanan Pangkalbalam ke Tanjungpandan, Pangkalbalam Tanjung Priok.

Sedangkan yang kedua Pelabuhan Belinyu, yang melayani tol laut, dari Pelabuhan Belinyu, Tanjungpinang, hingga Tanjung Priok.

"Kami juga menyiapkan posko perjalanan mudik, yang kita siapkan adalah pembatasannya, kita mengawasi jangan sampai ada orang yang melakukan penyebrangan," tegasnya.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved