Breaking News:

Berita Bangka Barat

Perpanjang SIM Kini Dilakukan Secara Online, Masyarakat Tak Lagi Perlu Antri

Mudahkan masyarakat dalam mengurus perpanjangan surat Izin mengemudi (SIM), kini Korlantas Polri telah merilis aplikasi Digital Korlantas Polri

bangkapos.com
Kasat Lantas Polres Bangka Barat Iptu Sianturi. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Mudahkan masyarakat dalam mengurus perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), kini Korlantas Polri telah merilis Aplikasi Digital Korlantas Polri yang dapat diunduh PlayStore ataupun IOS, Kamis (15/4/2021).

Aplikasi Digital Korlantas Polri melalui layanan SIM Nasional Presisi (Sinar) dapat dipergunakan masyarakat, untuk memperpanjang SIM A dan SIM C, hanya mengisi beberapa data dalam aplikasi tersebut.

Kasat Lantas Polres Bangka Barat, Iptu Sianturi mewakili Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah, Kamis (15/4/2021) mengatakan, Aplikasi Digital Korlantas Polri merupakan peningkatan layanan dari Polri untuk masyarakat.

"Ini merupakan terobosan yang sangat baik, terutama bagi para milenial ini. Diharapkan bahwa kecepatan dan ketepatan akan membuat masyarakat semakin nyaman dan ini sudah diterapkan," ujar Iptu Sianturi.

Selain itu Iptu Sianturi mengatakan, untuk proses perpanjangan SIM masyarakat tak perlu khawatir mengantri dan hanya perlu datang ke Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) terdekat untuk mengambil SIM.

"Proses langsung jadi paling sekitar sejam sudah bisa diambil SIMnya, begitu aplikasi diisi semua datanya dan dilakukan pembayaran. Karena inikan perpanjangan pembayaran ada melalui virtual, kemudian e-fisiologi sudah ada di situ, langsung jadi tinggal dia kapan mau ngambilnya atau melalui kantor Pos. Begitu data lengkap di verifikasi jadi, pengambilan ada tiga pilihan melalui Drive Thru, atau yang dikuasakan melalui surat kuasa atau di delivery," jelasnya.

Namun hingga saat ini untuk Satpas yang ada di Polres Bangka Barat, belum ada pengajuan dari masyarakat terkait perpanjangan SIM yang menggunakan aplikasi Korlantas Polri.

"Kemarin sudah kami cek ada yang masuk tapi perwilayah masih DKI, kalau di kita belum. Kemarin sudah banyak karena itu langsung online seluruh Indonesia, jadi dia per daerah hampir kemarin itu tiga ribuan perharinya tapi kalau satpas polres Bangka Barat belum ada," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved