Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Skrining Kesehatan Diperketat Saat Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadhan

Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Babel, Zulkarnain mengatakan pelaksanaan vaksinasi tetap berlangsung saat bulan ramadhan.

Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Vaksin Covid-19 saat tiba di Instalasi Farmasi Kesehatan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (26/1/2021) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Babel, Zulkarnain mengatakan pelaksanaan vaksinasi tetap berlangsung saat bulan ramadhan dengan memperketat skrining kesehatan.

"Kalau vaksinasi massal di provinsi masih tetap berjalan walau bulan ramadhan, cuma pelayanan ada di klinik kesehatan provinsi itu menggunakan vaksin jenis Sinovac dan rumah sakit Bhayangkara menggunakan vaksin AstraZeneca khusus untuk polri," kata Zulkarnain, Kamis (15/4/2021) saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan seperti jam operasional biasa pada hari Senin-Jumat, pada jam 08.00 WIB - 13.00 WIB.

"Per hari orang yang hadir memang sudah terdata, jadi tinggal melanjutkan sasarannya, tergantung jadwal yang ditetapkan. Kalau terkait dengan penyuntikan, karena kondisi tubuh agak lemah makanya diharapkan pergi pagi sampai siang, tidak sore.

Yang mau vaksin tidak ada mekanisme khusus, tetapi di meja dua itu dilakukan observasi (pemeriksaan kesehatan-red) secara ketat, untuk melihat dia layak atau tidak divaksin pada hari tersebut," jelas Zulkarnain.

Sejauh ini, bila bersifat reguler tidak ada masyarakat yang menolak untuk melakukan vaksinasi, namun bila ada masyarakat yang masih ragu maka Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung akan berusaha merangkul dan memberikan edukasi bahwa vaksin itu aman dan halal.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung bahwa sisa vaksin multidose Covid-19 jenis Sinovas per tanggal 14 April 2021 sebanyak 27.720 vaksin.

Dengan rincian sebagai berikut:
Bangka 3.470 vaksin
Pangkalpinang 9.330 vaksin
Belitung 1.490 vaksin
Bangka Barat 2.650 vaksin
Bangka Selatan 1.920 vaksin
Bangka Tengah 3.120 vaksin
Belitung Timur 2.380 vaksin
Provinsi 3.360 vaksin
Total 27.720 vaksin

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved