Breaking News:

Ramadhan 2021

Tips Tubuh Tetap Fit saat Berpuasa, Spesialis Gizi: Porsi Makan Sahur dan Berbuka Bergizi

Saat puasa mungkin dapat terjadi penurunan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh akibat dari kurangnya asupan makanan dan minuman selama berpuasa.

Ist/dr Adinda
Dokter Spesialis Gizi Klinik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Adinda Maharani Sp. GK 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Saat puasa mungkin dapat terjadi penurunan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh akibat dari kurangnya asupan makanan dan minuman selama berpuasa.

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Adinda.

"Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan istirahat yang cukup, selain itu berolahraga dengan teratur sesuai porsinya juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh," ujar dr Adinda, Kamis (15/4/2021).

Namun yang penting, harus mengenali pola makan saat sahur ataupun saat berbuka sesuai dengan yang direkomendasikan, agar zat zat gizi yang masuk dapat berfungsi dengan baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

"Saat sahur direkomendasikan untuk mengkonsumsi 40 persen dari kebutuhan total kalori dari masing-masing individu. Misalkan seseorang membutuhkan 1500 kalori per hari, maka sebaiknya harus dipenuhi sekitar 40 persen saat sahur," kata dr Adinda.

Sahur istilahnya adalah bahan bakar untuk berpuasa, sehingga makanan yang kita konsumsi haruslah lengkap mulai dari karbohidrat kompleks, protein, lemak yang baik kemudian sayur dan buah.

Untuk karbohidrat pilihlah karbohidrat kompleks, karena mengandung serat yang dapat menjaga kesehatan saluran cerna dan juga serat dicerna lebih lama sehingga kadar gula darah akan lebih stabil. 

Protein juga memiliki peran yang penting dalam sistim imun, oleh karenanya kebutuhan akan protein harus dipenuhi.

"Saat berbuka juga jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Saat awal berbuka, cukupi sekitar 10 persen saja dari kebutuhan total kalori, bisa kita penuhi dengan memakan takjil yang ringan seperti buah kurma sekitar 2-3 buah. 

Setelah sholat Maghrib, kita bisa makan dengan porsi sebesar 40 persen dari total kalori, yaitu bisa berupa nasi,lauk pauk dan juga sayur, kemudian malam setelah shalat tarawih bisa diselingi dengan camilan ringan sekitar 10 persen dari total kalori,  disarankan berupa buah-buahan agar manfaat vitamin nya juga bisa kita dapatkan untuk menunjang sistim imun tubuh," jelas dr Adinda.

Ia menambahkan kebutuhan air juga harus tercukupi. Saat sahur, minum air sekitar 2-4 gelas, sisanya untuk mencapai 8 gelas sehari dapat dipenuhi setelah berbuka puasa, setelah shalat Maghrib, setelah shalat Isya, dan mau tidur malam.

"Saat berpuasa kita juga dianjurkan untuk tetap melakukan aktivitas fisik yaitu olahraga, dengan berolahraga sistem imun tubuh kita akan terjaga. Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan olahraga saat puasa adalah kapan waktu yang pas untuk ber olahraga," kata dr Adinda.

Lakukan olahraga pada sore hari 2 sampai 1 jam menjelang berbuka puasa atau setelah berbuka untuk menghindari terjadinya lemas dan dehidrasi.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita.
 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved