Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

UPDATE: Wabah Covid-19 di Bangka Barat Merebak Lagi, Muncul Kasus Kluster Keluarga

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat (Babar), mengalami kenaikan. Pada hari ini, Kamis (15/4/2021) muncul sebanyak 42 kasus

Bangkapos.com/Dok
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, M Putra Kusuma. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat (Babar), mengalami kenaikan. Pada hari ini, Kamis (15/4/2021) muncul sebanyak 42 kasus Corona.

42 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 kali ini, berasal dari lima Kecamatan yakni 17 kasus dari Kecamatan Jebus, lima kasus terkonfirmasi positif covid-19 dari Kecamatan Muntok, enam dari kasus dari Kecamatan Parittiga, dua kasus dari Kecamatan Kelapa dan 12 kasus berasal dari Kecamatan Tempilang.

Diketahui khusus untuk Kecamatan Jebus dalam beberapa hari terakhir, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Kecamatan lainnya.

Sebelumnya pada Rabu (14/04/2021) Kecamatan Jebus juga mengalami peningkatan, dimana terdapat 12 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Bahkan saat ini Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Putra Kusuma, Kamis (15/4/2021) mengatakan, terdapat kluster keluarga terkait adanya 17 kasus yang berasal dari Kecamatan Jebus.

"Kluster keluarga dan sebaran dibeberapa desa di wilayah kecamatan jebus, tetapi memang ada yang patuh ada yang tidak patuh terkait Protokol kesehatan," ujar Putra.

Selain itu Putra menegaskan terkait isolasi mandiri dapat dilakukan mengikuti protokol kesehatan, agar tidak menyebarkan atau menimbulkan kasus baru.

"Diharapkan kepatuhan bagi yang isolasi mandiri dan yang menunggu hasil PCR untuk yang negatif, pemeriksaan antigen agar dapat betul-betul patuh dan mengurangi kontak dengan lain," katanya.

Untuk mengantisipasi meningkatkan penyebaran khususnya di Kecamatan Jebus, Putra mengatakan sudah berkoordinasi dengan satgas Kecamatan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

"Kita tetap melakukan test masif ke semua kontak erat, upaya maksimal sudah dlakukan oleh tim di Satgas Kecamatan. Konsep dasarnya yakni patuh pada protokol kesehatan, melakukan tracking, test, isolasi dan vaksinasi," jelasnya.

Lebih lanjut untuk 42 kasus baru dilaporkan berasal dari pengembangan kontak erat kasus sebelumnya, dan antigen positif serta hasil pemeriksaan Labkesda Provinsi Babel.

Sementara itu dari data Diskominfo Kabupaten Bangka Barat diketahui kasus terbanyak terdapat di Kecamatan Muntok sebanyak 270 kasus, di tempat kedua Kecamatan Jebus 189 kasus, Kecamatan Tempilang 93 kasus, Kecamatan Simpang Teritip 52 kasus, Kecamatan Parit Tiga 42 kasus dan Kecamatan Kelapa 36 kasus.

Lebih lanjut untuk total kasus di Kabupaten Bangka Barat yakni 682 yang terkonfirmasi positif, meninggal 10 orang, 461 orang dinyatakan sembuh dan isolasi sebanyak 211 orang. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved