Breaking News:

Bangka Belitung Miliki LTJ Bernilai Tinggi, Helmi: Selama Ini Terlena atau Mungkin Tidak Tahu

Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah menjadi perhatian Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
Bangka Pos/Dok
ILUSTRASI: 8 Kontainer Zirkon Dibongkar Paksa 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah menjadi perhatian Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, terkait keberadaan logam tanah jarang yang bernilai sangat tinggi serta banyak ditemukan di Bangka Belitung.

Terkait itu ia pula, pihak kementerian tersebut akan melakukan penataan ekspor rare earth atau logam tanah jarang (LTJ) di provinsi ini.

Memperhatian hal tersebut, Anggota Komisi III DPRD Babel, Azwari Helmi, Jumat (16/4/2021) mengatakan, selama ini orang di Babel terlena atau memang tidak tahu pada keberadaan harta karun LTJ yang menjadi sumber energi masa depan itu.

Ia mengharapkan pemerintah untuk bersama-sama menjaga harta Babel itu sehingga tidak lagi dieskpor secara bebas ke luar daerah.

"Pemerintah pusat sudah tahu di Babel luar biasa LTJ-nya, Pak Luhut sudah berkata demikian, minta bantuan aparat bantu Pemerintah Bangka Belitung ini untuk memperketat aturan itu dengan pengawasan," kata Helmi kepada Bangkapos.com, Jumat (16/4/2021).

Dia juga merasakan selama ini pemerintah terlena atau baru menyadari terkait potensi alam di Babel seperti logam tanah jarang.

"Sesuatu itu memang ada penyesalanya di belakang bukan di depan. Mungkin kita selama ini terlena, apakah juga mungkin ketidak ketahuan kita. Sekarang kita sudah tahu, jadi harus menjadi pembelajaran, tindak tegas bila ada yang melanggarnya,"ujarnya.

Helmi, juga mengatakan Komisi III DPRD Babel yang merupakan mitranya BUMN di Babel juga berencana melakukan kunjungan ke kantor Bea Cukai untuk memberikan masukan terkait upaya menjaga potensi yang ada di Bangka Belitung.

"Dalam waktu dekat kita berkunjung ke Bea Cukai memberikan masukan demi terjaganya Babel dari pertambangan yang tidak sesuai aturan. Kita akan fokus, hal ini sudah kita bahas, kita tetap akan selalu mengawas harta benda yang ada di Provinsi Babel ini. Walaupun aturan sudah banyak berada di pemerintah pusat,"katanya.

Sementara, Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengatakan, Kemenmarves sudah membentuk tim untuk melakukan melakukan penataan ekspor LTJ di Provinsi Bangka Belitung.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved