Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Bertambah 146 Orang, Kasus Positif Corona Meningkat di Tiga Kabupaten Ini

Kasus positif Covid-19 belum menunjukkan tanda akan berakhir. Bahkan terjadi lonjakan kasus di tiga Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel)

tribunnews.com
Ilustrasi pasien corona 

BANGKAPOS.COM , BANGKA --Kasus positif Covid-19 belum menunjukkan tanda akan berakhir. Bahkan terjadi lonjakan kasus di tiga Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Tiga kabupaten tersebut adalah, Belitung, Belitung Timur dan Bangka Barat.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan, telah meminta tiga Kabupaten tersebut menerapkan Pemberlakuan Pembatsan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

"Sebenarkan ada empat kabupaten yang kasusnya mulai melonjak, sementara tiganya mereka tidak melakukan PPKM, hanya ada satu Kabupaten Bangka Selatan yang melakukan sudah menerapkan PPKM dan berhasil memutus mata rantai penyebaranya,"kata Mikron kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Mikron, mengaku kasus terkonfirmasi di tiga kabupaten meningkat drastis seperti  Belitung Timur mulanya puluhan sekarang telah mencapai 729 orang 

Termasuk di Belitung dari ratusan sekarang sudah berjumlah 1277 orang.

"Sedangkan untuk Bangka Barat dari puluhan kini sudah mencapai 725 orang. Lonjakan kasusnya baru dimulai untuk tiga Kabupaten ini, Bangka Barat lonjakan kasus terjadi karena tradisi ruwahan belum lama ini,"katanya.

Mikron, menjelaskan untuk melakukan antisipasi dan tindak lanjut, Gubenur Babel telah mengeluarkan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

"Gubernur kita sudah mengeluarkan surat untuk bupatinya agar melaksanakan PPKM mikro, guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Namun, dari tiga kabupaten itu, yang sudah menanggapi akan melaksanakan PPKM mengikuti beberapa desa di Bangka Selatan. Sementara Belitung belum menanggani masalah PPKM ini, karena terfokus masalah wisatawanya,"ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, Mikron mengatakan pihaknya tetap meminta Pemkab Belitung dan Beltim dapat melaksanakan PPKM khususnya di desa-desa yang menjadi zona penyebaran.

Sementara untuk tambahan kasus positif Covid-19 berdasarkan data Satgas Covid-19 Babel, hingga Jumat (16/4/2021) bertambah 146 orang, total kasus 10.968 kasus, selesai isolasi bertambah 59 orang, total 9.636 kasus, meninggal dunia bertambah 2 orang, total 177 kasus.

Sebaran kasus di Kota Pangkalpinang 22 orang, Bangka 18 orang, Bangka Tengah 16 orang, Bangka Barat 43 orang, Bangka Selatan 2 orang, Belitung 6 orang, Belitung Timur 39 orang. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved