Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bincang Sehat Bersama dr Denny, Menjaga Tingkat Gula Darah Saat Bulan Puasa

Diabetes atau yang biasa dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan suatu kondisi kadar gula yang tinggi di dalam tubuh.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospital Bangka Tengah dr Denny Moniaga,SpPD saat Bincang Sehat di Kantor Bangka Pos, Jumat (16/4/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Diabetes atau yang biasa dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan suatu kondisi kadar gula yang tinggi di dalam tubuh.

Penyebab penyakit ini bisa saja dari faktor keturunan dan faktor lingkungan misalnya mengkonsumsi makanan yang banyak karbohidrat.

"Namun seseorang yang lahir dari orangtua yang terkena diabetes belum tentu mengalami hal serupa tergantung pola hidup dan makannya," Dokter Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospital Bangka Tengah dr Denny Moniaga,SpPD saat Bincang Sehat di Kantor Bangka Pos, Jumat (16/4/2021).

Dijelaskannya, ada empat jenis diabetes secara umum, yakni tipe petama terjadi pada anak-anak disebabkan oleh auto imun yang menyerang badan sendiri sehingga sulit memproduksi insulin.

Tipe kedua, secara umum terjadi pada orang dewasa karena pola makan, dan pola hidup yang kurang baik.

Tipe tiga, tipe lain karena faktor keturunan karena ada gen tertentu yang diturunkan, walaupun faktor lingkungan di jaga tetap masih bisa mengalami diabetes.

Tipe keempat, diabetes yang sering terjadi pada ibu hamil, sehingga kehamilan 20 minggu untuk diperiksa gula darah, bisa memicu kelahiran anak lebih dari 4 Kg.

"Pada ibu hamil sering terjadi, tetapi mungkin kurang kesadaran sehingga kadang jadi tidak ketahuan," kata dr Denny.

Pemeriksaan gula darah secara umum penting untuk dilakukan sebab lebih baik mencegah daripada mengobati.

"Apalagi ketika sudah mulai obesitas, sering minum bersoda, sering makan yang manis-manis, olahraga kurang, gangguan kolestrol, darah tinggi, ya lebih baik periksa kadar gula, apalagi umur 40 tahun lebih baik kesadaran diri sendiri untuk memeriksakan kadar gula darah," kata Denny.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved