Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dinas Perdagangan dan UMKM Belum Terima Jumlah Penerima BLT UMKM, Begini Kata Donal Tampubolon

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Pangkalpinang, Donal Tampubolon menyebutkan, pihaknya belum menerima data berapa UMKM

bangkapos.com
Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Pangkalpinang, Donal Tampubolon menyebutkan, pihaknya belum menerima data berapa UMKM yang menjadi penerima Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM.

Kata Donal, tidak semata-mata yang tahun lalu mendapatkan akan mendapatkan kembali, sebab yang tahun lalu belum mendaptkan akan diusahakan dapat tahun ini.

"Kami belum menerima nama-nama untuk yang dicairkan saat ini. Kalau kemarin bisa di cek di eform BRI. Untuk yang tahun ini kita belum menerima pemberitahuan bank mana yang ditunjuk untuk pencairan di Babel," kata Donal kepada Bangkapos.com, Jumat (16/4/2021).

Bahakan kata Donal, pihaknya belum sama sekali menerima pemberitabuan dari Bank BRI sebagai Bank penyalur.

Namun Dia menyebutkan, berdasarkan informasi dari masyarakat yang datang ke dinas UMKM sudah ada sebagian yang mencairkan dan sudah menerima bantuan dari Bank BRI.

"Karena banyak juga yg bertanya ke kantor. Kami tidak berani memastikan bahwa mereka mendapatkan, karena kami pun belum menerima pemberitahuan dari BRI terkait pencairan tahun ini," ujarnya.

"Yang tahun kemarin dapatkan memang bisa diusulakan kembali, namun tidak juga diapstikan dapat atau tidak soalnya yang mencairkan dan menentukan itu adalah pusat. Nah yang belum dapat tahun kemarin tapi sudah dengan ususlan tahun kemarin bisa mendaptkannya tahun ini," jelas Donal.

Sedangkan untuk UMKM yang baru mau mendaftarkan juga bisa diusulkan untuk mendapatkan bantuan pada link pendaftaran di http://bit.ly/bpumpgk211 yang sudah bisa didaftarakan, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Adapun syarat dan cara untuk mendapatkan BLT UMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM:

1. Warga Negara Indonesia
2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK)
3. Memiliki Usaha Mikro
4. Bukan ASN, TNI/Polri, serta pegawai BUMN/BUMD
5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
6. Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).
7. Ada nomor induk berusaha (NIB)

Donal mengatakan, jika pelaku usaha belum memiliki nomor induk berusaha (NIB) bisa didaftarkan dulu melalui Online Single Submission (OSS) di https://www.oss.go.id/oss/ .

Menurutnya, jika pelaku usaha merasa kesulitan juga bisa meminta bantuan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang, namun disarankan untuk online guna menghindari kerumunan.

"Setelah didaftarkan ke kami, kami akan merekab data tersebut dan akan dikirmkan ke provinsi, lalu provinsi lah yang mengirimkan data keseluruhan kabupaten dan kota untuk diajukan ke pusat," jelasnya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved